Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidak Hanya Domba, Garut Jadikan Pohon Samida sebagai Ikon

Pohon samida (butea monosperma) bakal dijadikan ikon baru Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tanaman tersebut berkaitan erat dengan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  14:35 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan saat menyiram pohon samida yang ditanam di Komplek Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.
Bupati Garut Rudy Gunawan saat menyiram pohon samida yang ditanam di Komplek Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Bisnis.com, GARUT - Pohon samida (butea monosperma) bakal dijadikan ikon baru Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tanaman tersebut berkaitan erat dengan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi.

Dalam beberapa literasi, Samida kerap dikaitkan salah satu pohon yang dianggap pusaka di Kota Bogor.

Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi pada waktu itu memerintahkan untuk membuat hutan kota dari pohon samida. Tujuannya, sebagai upaya menjaga kelestarian alam dan memelihara benih kayu langka.

Selain itu, penanaman pohon tersebut pun bertujuan untuk menyamarkan wilayah kekuasaan Kerajaan Padjajaran dari serangan luar, utamanya dari Kesultanan Banten.

Selain itu, pohon samida yang juga dikenal dengan nama lain ploso ini, biasa digunakan oleh pemeluk agama Hindu untuk upacara keagamaan.

Pohon samida memiliki daun berwarna hijau berbentuk bundar. Kalau terkena sinar matahari, bunga dalam pohon tersebut bakal menggantung.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, ikon baru Garut tersebut belum lama ini sudah ditanam di Komplek Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (22/6/2022).

Menurut Rudy, pohon samida memiliki manfaat yang luar biasa. Garut sendiri, merupakan salah satu wilayah kekuasaan Prabu Siliwangi dan dijadikan sebagai spirit masyarakat sunda.

"Kami mempunyai fatsun ya terhadap Prabu Siliwangi, terhadap Prabu Kiansantang yang makamnya ada di Garut sebagai putra Prabu Siliwangi,” kata Rudy di Kabupaten Garut, Kamis (22/6/2022).

Dikatakan Rudy, nama samida sangat familiar di Kabupaten Garut lantaran ada salah satu kampung di Kecamatan Selaawi yang bernama serupa.

"Pemda nanti akan menganggarkan untuk membuat membeli yang seperti ini, ditanam di beberapa tempat tapi harus dipulasara karena ini bukan pohon sembarangan,” kata Rudy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garut
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top