Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lonjakan Wisatawan Pascalebaran, Disparbud Jabar Pecah Tujuan Wisata

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat memprediksi lonjakan wisatawan akan terus terjadi hingga akhir pekan nanti.
Wisatawan lokal berfoto di depan Gedung Sate saat libur lebaran./Bisnis
Wisatawan lokal berfoto di depan Gedung Sate saat libur lebaran./Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat memprediksi lonjakan wisatawan akan terus terjadi hingga akhir pekan nanti.

Ada tiga aglomerasi yang jadi target kunjungan wisata, yakni Bogor Raya, Bandung Raya dan Priangan Timur.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan pemerintah dan pengelola objek wisata sudah berupaya untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan dengan cara memperketat akses masuk.

Hal itu dilakukan agar prediksi kenaikan kasus Covid-19 pascalebaran bisa diatasi.

"Kita memperketat pintu masuk, yang boleh masuk yang sudah vaksin dan muncul di PeduliLindungi, CHSE di hotel juga coba kita dorong kembali melakukan itu. Wisatawan akan membludak terutama wilayah Bogor Raya, Bandung Raya dan Priangan Timur khususnya Pangandaran," katanya di Bandung, Kamis (5/5/2022).

Agar tak terpusat di tiga aglomerasi tersebut, Disparbud sudah berupaya memecah tujuan wisata masyarakat ke aglomerasi Cirebon Raya dan Priangan Timur.

"Kami masih berupaya untuk sebagian besar dialihkan ke Priangan Timur maupun Cirebon Raya. Kita gencarkan promosi bahwa objek wisata di Cirebon Raya pun menjanjikan, saya sudah survei ke Jabar Selatan sudah dipromosikan lewat instagram Pak Gubernur juga sehingga masyarakat bisa melihat potensi alam di selatan," paparnya.

Selama dua tahun pandemi, banyak muncul objek wisata terbaru dengan konsep outdoor. Hal itu positif untuk mendongkrak ekonomi daerah.

"Dua tahun ini mengajarkan kita bahwa wisata outdoor itu lebih aman (selama Covid) makanya kami berupaya memperbanyak destinasi wisata seperti glamping, camper van atau camping ground. Kemarin sudah ada beberapa kabupaten kota yang mau mengembangkan destinasi seperti itu," jelasnya.

Lebaran tahun ini memang jadi momen bagi daerah untuk meningkatkan perekonomian. Apalagi pariwisata merupakan tulang punggung ekonomi Jabar.

Namun, potensi kenaikan kasus Covid-19 pascalebaran tak bisa dipandang sebelah mata. Karena itu, berbagai upaya pengetatan masih tetap dilakukan.

"Kita harus melihat dampak jika terjadi gelombang berikutnya. Jadi lebih baik sedikit diperketat tapi aman. Kan diprediksi setelah libur lebaran Covid akan naik lagi, kalau coba kita kendalikan akan berbahaya makanya seluruh stakeholder berupaya memperketat pintu masuk destinasi wisata," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper