Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

34 Puskesmas di Kabupaten Cirebon Buka 24 Jam Selama Arus Mudik Lebaran

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Neneng Hasanah mengatakan puluhan puskesmas yang buka selama 24 jam tersebut, memiliki layanan pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar (PONED).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 27 April 2022  |  15:32 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon menyatakan sebanyak 34 pusat kesehatan masyarakat (PKM) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, buka selama 24 jam selama masa arus mudik dan Lebaran 2022.

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Neneng Hasanah mengatakan puluhan puskesmas yang buka selama 24 jam tersebut, memiliki layanan pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar (PONED).

Menurut Neneng hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya kejadian mendadak, sehingga petugas kesehatan mampu melakukan reaksi cepat.

"Jumlah puskesmas di Kabupaten Cirebon ada 60. Sebanyak 34 buka 24 jam, sedangkan sisanya buka sesuai jam operasional," kata Neneng di Kabupaten Cirebon, Rabu (27/4/2022).

Sebelumnya, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengimbau seluruh kepala puskesmas di Kabupaten Cirebon untuk menyiapkan alat dan personel lengkap pada arus mudik Lebaran 2022.

Tugas dari personel di puskesmas ini yakni berkoordinasi dengan kuwu untuk bisa memantau kedatangan warga Cirebon dari luar kota, serta membuka layanan vaksinasi.

"Nantinya petugas harus mengecek, mereka dalam sudah divaksin atau belum. Ini juga sebagai upaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi," kata Imron.

Pada momen lebaran tahun ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon tidak lagi menyiapkan ruang isolasi khusus pada libur Hari Raya Idulfitri.

Menurutnya, ketersediaan tempat tidur di 11 rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 dalam kondisi kosong, menjadi alasan tidak menyediakan fasilitas tersebut.

"Kami tidak menyiapkan ruang isolasi khusus mudik nanti, karena rumah sakit juga masih kosong. Namun jika diperlukan, kami akan siapkan," kata Imron.

Seluruh warga yang akan mudik ke Kabupaten Cirebon pada libur lebaran diwajibkan sudah mendapatkan vaksin booster Covid-19.

Ketentuan pemudik harus mendapatkan vaksin Covid-19 booster, sesuai peraturan pemerintah pusat. "Kalau tidak mau mendapatkan vaksin Covid-19, jangan datang ke Kabupaten Cirebon," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top