Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Petani Milenial Juara: Peserta Dapat Bantuan Usaha? Ini Penjelasannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pada program 2021 lalu ada bantuan modal usaha yang diberikan kepada petani milenial melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank BJB, Bank BUMN dan swasta nasional.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 05 April 2022  |  16:31 WIB
Jelajah Petani Milenial Juara: Peserta Dapat Bantuan Usaha? Ini Penjelasannya
Program Petani Milenial Jabar

Bisnis.com, BANDUNG - Petani Milenial menyertakan fasilitas pembiayaan bagi para peserta yang lolos seleksi. Pemberian dana kredit dari perbankan dilakukan agar para peserta memahami tak hanya belajar urusan budi daya namun siklus bisnis pertanian.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pada program 2021 lalu ada bantuan modal usaha yang diberikan kepada petani milenial melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank BJB, Bank BUMN dan swasta nasional.

Berapa dana KUR yang dapat diterima oleh petani milenial serta teknis pembayaran? KUR yang diberikan bisa mencapai Rp50 juta bahkan lebih. Offtaker bisa pula berperan sebagai Avalist atau penjamin, yang memungkinkan angka kredit diperoleh bisa lebih. Besaran kredit juga tergantung RKU (Rencana Kerja Usaha) atau business plan yang disampaikan oleh petani atau offtaker.

Sementara untuk pola pembayaran menyesuaikan dengan siklus usaha dan produksi para petani, pembayaran bisa dilakukan pola bayar panen.

Lantas bagaimana dengan Petani milenial yang tidak lolos KUR, apakah mereka tetap bisa mendapatkan bantuan modal usaha? Bantuan bisa diperoleh dari dana CSR offtaker, skema permodalan perbankan yang lain, menghimpun modal kolektif lewat kelompok dan komunitas, bantuan sarana produksi dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Dalam prakteknya, ada pula peserta Petani Milenial yang membiayai usahanya dengan modal sendiri, tak sedikit yang bergandengan dengan kelompok tani atau koperasi.

Meski dibayangi fakta hasil panen tidak sesuai harapan, namun mereka yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak perbankan akan belajar bagaimana intens menjaga komoditasnya sekaligus bisa mengembalikan dana pinjaman.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank BJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar petani milenial
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top