Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Petani Milenial Juara: Tips Budi Daya Lele dari Petani Milenial yang Sudah Sukses

Untuk memulai budi daya lele kerap menemui tantangan. Di perjalanan, terkadang tantangan datang dari diri sendiri, orang sekitar dan tentunya dari lele itu sendiri.
Petani milenial, Oky Saputra, memberikan pakan ternak ikan lele yang di budidayakan di kolam bioflok (kolam yang menggunakan terpal) di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (21/3). /Bisnis
Petani milenial, Oky Saputra, memberikan pakan ternak ikan lele yang di budidayakan di kolam bioflok (kolam yang menggunakan terpal) di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (21/3). /Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Budi daya lele kerap masuk dalam daftar jenis usaha yang banyak direkomendasikan untuk dijadikan sumber cuan tambahan atau bahkan penghasilan utama.

Namun, untuk memulai budi daya lele kerap menemui tantangan. Di perjalanan, terkadang tantangan datang dari diri sendiri, orang sekitar dan tentunya dari lele itu sendiri.

Oky Saputra, salah satu petani milenial bimbingan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat asal Jalan Cipanas, Kampung Kekencehan, Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung membagikan tips kepada generasi milenial yang hendak menekuni budi daya lele.

1. Cari ilmu dari sumber terpercaya

Memulai sebuah bisnis tentunya harus diawali dengan mempersiapkan pengetahuan yang cukup. Ketidak tahuan sering kali memperpanjang "masa gagal" pelaku usaha.

Ketidak tahuan, kata Oky, bisa disebabkan banyak faktor, baik dari ketidak uletan dalam belajar, ataupun bisa disebabkan oleh salah mengadaptasi ilmu pengetahuan.

Menurutnya sumber pengetahuan dari bisnis yang akan digeluti harus bersumber dari sumber yang yang terpercaya seperti jurnal ilmiah.

"Kalau saya tidak pernah mengambil referensi ilmu dari YouTube karena hal tersebut belum teruji makanya saya mengambil referensi dari jurnal jurnal ilmiah dari kampus IPB ataupun Unpad," ungkap dia yang kini didampingi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung.

2. Ambil indukan yang berkualitas

Oky mengatakan bahwa induk yang berkualitas akan berpengaruh terhadap benih yang akan dihasilkan sehingga ia merekomendasikan benih lele yang bersumber dari balai-balai pembenihan.

Setiap indukan menurut dia akan menghasilkan kualitas dan kuantitas benih lele yang berbeda. Sehingga untuk memulai bisnis budi daya lele harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti.

3. Jangan pernah menyerah dan terus belajar

Memulai sebuah bisnis kerap menghadirkan tantangan yang sejalan. Setiap jenis usaha menurutnya memiliki risiko yang berbeda-beda.

Kebanyakan kesalahan yang dilakukan oleh peternak lele pemula adalah saat menemukan sebuah permasalahan hal yang pertama dilakukan adalah menyerah. Padahal menurutnya setiap permasalahan yang muncul dalam proses budidaya lele bisa diselesaikan dengan solusi yang yang sudah ada.

Tinggal pelaku usaha budi daya ikan lele tekun dan ulet dalam mencari cari solusi sehingga setiap permasalahan yang ada bisa diselesaikan dan usaha budidaya lele bisa terus berkembang.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank BJB. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper