Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Dihantam Pandemi, Pupuk Kujang Tunjukkan Kinerja Positif

Sepanjang tahun 2021, PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) menunjukkan kinerja positif di berbagai bidang. Sederet penghargaan menjadi bukti pengakuan prestasi tersebut.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  22:37 WIB
Pupuk Kujang Cikampek (PKC) - Istimewa
Pupuk Kujang Cikampek (PKC) - Istimewa

Bisnis.com, KARAWANG - Sepanjang tahun 2021, PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) menunjukkan kinerja positif di berbagai bidang. Sederet penghargaan menjadi bukti pengakuan prestasi tersebut.

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Maryadi tak menampik jika 2021 ini menjadi tahun yang tidak mudah bagi jajarannya untuk melangkah. Meski begitu, pihaknya cukup berbangga hati karena kinerja perusahaannya menunjukkan tren positif.

"Kita akui, dua tahun ini kondisi yang dihadapi cukup berat. Tapi kami bersyukur, karena bisa melaluinya dengan lancar," ujar Maryadi dalam keterangannya, Jumat (31/12/2021).

Maryadi menjelaskan, sepanjang tahun 2021 ini banyak torehan penghargaan yang diraih perusahaanya di berbagai bidang.

Kinerja bidang produksi misalnya, perusahaan berhasil memproduksi pupuk urea melebihi target atau sebanyak 109 persen.

Begitupun dalam produksi amoniak, melebihi target hingga 110,81 persen. Selain itu, kinerja penjualan juga menunjukkan tren positif. hal mana, hingga semester akhir 2021 ini, perusahaan berhasil mencapai angka penjualan pupuk urea hingga 101,8 persen.

Yang lebih membanggakan lagi, kata dia, di tahun ini pula perusahaan bisa memperoleh pencapaian strategis untuk memperkuat produksi tahun depan. Melalui Keputusan Menteri ESDM nomor 134.K/2021, Pupuk Kujang dapat menandatangani surat perjanjian penyesuaian gas sehingga kebutuhan gas Pupuk Kujang sampai tahun 2024 dipastikan terpenuhi.

"Dengan terjaminnya stok gas bumi, Pupuk Kujang bisa terus memproduksi pupuk dan menyediakan nutrisi tanaman terbaik untuk masyarakat," kata dia.

Adapun dalam upaya memajukan bidang pertanian, Pupuk Kujang juga berhasil menjalankan Program Makmur hingga melampaui target. Tim Makmur Pupuk Kujang tercatat telah mendampingi petani di lahan seluas 11.523 hektare hingga November 2021, atau mencapai 115 persen dari target tahun ini.

"Capaian ini tak lepas dari kinerja tim untuk membangun kepercayaan dengan petani di berbagai daerah," jelas dia.

Maryadi menambahkan, apresiasi dan pengakuan kinerja positif ditorehkan ke perusahaan di tingkat lokal, regional, nasional hingga internasional. Tahun ini, Pupuk Kujang berhasil meraih 33 Penghargaan di berbagai bidang.

Di bidang lingkungan, Pupuk Kujang bisa mempertahankan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) kategori Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan Proper Hijau ini menjadi yang kesepuluh kalinya bagi Pupuk Kujang sejak tahun 2011.

Pupuk Kujang juga mendapat sederet apresiasi di bidang lingkungan. Antara lain, penghargaan Indonesia Green Leadership di ajang Asia Responsible Eterprise Awards (AREA) 2021, penghargaan TOP GRC Awards 2021 kategori bintang 4 dari majalah Top Business, juga penghargaan Industri Hijau level 5 dari Kementerian Perindustrian.

Di bidang CSR, Pupuk Kujang mendapat penghargaan yaitu CSR Award dari Pemerintah Kabupaten Karawang dan penghargaan CSR Oxygen Heroes dari Pemprov Jawa Barat atas bantuan di bidang kesehatan saat pandemi Covid-19.

"Pencapaian ini tak lepas dari kerjasama dan kekompakan seluruh insan Pupuk Kujang. Menyambut tahun baru, kita harus selalu adaptif dengan keadaan lingkungan yang selalu berubah. kita perlu bersatu, bahu membahu menjaga kekompakan dan loyalitas demi perusahaan yang kita cintai. Seluruh karyawan punya peran aktif mencapai target yang telah ditetapkan," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kujang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top