Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 Menurun, RS Siloam Purwakarta Kembali Fungsikan Ruang Perawatan General

Kasus Covid-19 di Siloam Hospitals Purwakarta sudah turun drastis sehingga sebagian ruangan yang dipakai ruang perawatan isolasi sudah kembali dialihfungsikan menjadi ruang perawatan general.
Ilustrasi. Rumah sakit./Reuters
Ilustrasi. Rumah sakit./Reuters

Bisnis.com, Purwakarta – Layanan perawatan umum mulai difungsikan kembali di RSU Siloam Purwakarta seiring melandainya kasus Covid-19 di kabupaten tersebut.

Kepala Layanan Medis RSU Siloam Hospitals Purwakarta Rika Wulandari membenarkan terkait hal itu. Memang, di awal Juni kemarin sempat terjadi lonjakan pasien Covid-19 ke RS swasta ini. Namun, sejak dua pekan terakhir sudah tak ada lagi pasien Covid-19 yang dirawat di RS tersebut.

“Kasus Covid-19 di Siloam Hospitals Purwakarta sudah turun drastis sehingga sebagian ruangan yang dipakai ruang perawatan isolasi sudah kembali dialihfungsikan menjadi ruang perawatan general. Tapi sebelumnya, kita sudah lakukan disinfeksi secara menyeluruh,” ujar Rika, Senin (25/10/2021).

Rika mengklaim, selama pandemi Covid-19 berlangsung RS Siloam turut berjibaku untuk melakukan serangkaian upaya antisipasi penyebaran. Termasuk merawat para pasien yang dinyatakan positif supaya bisa kembali pulih.

“Sebagai penyedia layanan kesehatan, kami juga telah menerapkan protokol kesehatan yang sudah sesuai dengan arahan dari Kemenkes,” jelas dia.

Di RSU Siloam, dia menjelaskan, jajarannya juga menerapkan program Clean and Safe Hospitals di kawasan rumah sakit. Dalam program tersebut, setidaknya ada tujuh aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan area rumah sakit yang bersih dan aman bagi pasien, pengunjung, termasuk tim medis dan semua orang yang terlibat didalamnya.

Masing-masing, mewajibkan pemeriksaan skrining Covid-19 bagi semua pasien, pengunjung dan karyawan yang akan masuk rumah sakit. Kemudian, para pasien, pengunjung dan karyawan wajib mencuci tangan dengan cairan antiseptic sebelum memasuki gedung rumah sakit. Selain itu, pemisahan alur antara pasien dengan gejala Covid-19 dan pasien tidak dengan gejala Covid.

“Upaya ini untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung dan pasien yang berobat dari kemungkinan penularan Covid-19,” jelas dia.

Dia memastikan, saat ini pasien rawat inap di Siloam sudah bisa kembali ditunggui. Selain itu, pihaknya juga telah pemberlakuan kembali jam berkunjung dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Dia menambahkan, walaupun kasus Covid-19 sudah jauh menurun, pihaknya tetap memberlakukan Clean and Safe Hospitals di area rumah sakit. Selain itu, petugas kebersihan juga diminta merutinkan penyemprotan disinfeksi di seluruh area. Bahkan, semua dokter, tenaga kesehatan dan non kesehatan menjalani pemeriksaan kesehatan secara periodik dan vaksinasi Covid-19.

“Saat ini lebih dari 95 % karyawan Siloam sudah mendapat vaksinasi Covid ke-1 dan ke-2 serta vaksinasi booster,” pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper