Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ridwan Kamil Ingin Kampung Yoboi Sentani Makin Maju, Ini Caranya

Kampung Yoboi merupakan salah satu dari 50 desa yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kampung ini berada di tepi Danau Sentani.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 03 Oktober 2021  |  12:38 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Kampung wisata Yoboi, Sentani, Jayapura, Provinsi Papua dalam kunjungan kerjanya di arena PON XX Papua, Sabtu (2/10/2021).

Kampung Yoboi merupakan salah satu dari 50 desa yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kampung ini berada di tepi Danau Sentani.

Dalam kunjungannya pria yang akrab disapa Kang Emil itu melihat gereja yang masih dalam tahap pembangunan. Bangunan yang dinamai Gereja Victori Kehiran Satu itu dibangun atas swadaya kepala adat (ondofolo) dan kepala suku (koselo).

Spontan, Kang Emil pun menyampaikan bantuan dana senilai Rp100 juta. Dana tersebut, dikatakan Kang Emil merupakan sumbangan yang dihimpun dari warga Jawa Barat.

"Kemudian kita sumbangkan Rp100 juta untuk pembangunan gereja dari masyarakat Jabar yang dititipkan ke saya. Belum rampung ada beberapa bagian," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan yang diperoleh Minggu (3/10/2021).

Selain itu, Kang Emil juga mengajak lima orang perwakilan Kampung Yoboi untuk dibina di Jawa Barat. Mereka akan diberi pelatihan untuk mengembangkan kampung wisata Yoboi.

"Ternyata Ketua adatnya alumnus STKS Bandung tinggal 5 tahun di Bandung jadi sangat cinta Jabar, juga Bandung. Memvisikan kampung Yoboi sebagai kampung wisata berkelanjutan sustainable," kata Kang Emil.

Pembekalan itu yakni mulai dari pelatihan membuat sepatu dari eceng gondok, mengolah bambu menjadi produk kriya hingga belajar hidroponik di Lembang. "Ilmu pengetahuan pangan dan berkelanjutan akan kita berikan kepada anak muda mereka pulang membawa kampung itu naik kelas," katanya.

"Kemudian juga kita akan menjadikan mereka salah satu desa binaan melalui orang Papua yang pernah bersekolah di Bandung di sini namanya alumni Bandung. orang Papua yang pernah sekolah di Jabar dinamakan alumni Bandung," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Dedi Taufik mengatakan, Papua dan Jawa Barat memiliki daya tarik pariwisata yang mirip. Mulai dari ragam wisata budaya hingga alam.

"Bu sekda (Jayapura) dengan ketua adat Yoboi ingin ada peningkatan SDM. Ditangkap pak gubernur supaya ada kerjasama di bidang pariwisata dan SDM. Nanti orang di Yoboi akan dibina di Jabar untuk meningkatkan desa wisata," ujar Dedi Taufik.

Pihaknya pun akan merancang MOU untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut. Bukan tak mungkin, akan ada kerja sama saling menguntungkan antara Jabar dan Papua. "Saya pikir kita contoh di Sorong sudah ada tandatangan MOU kaitan di bidang kepariwisataan," tutur Dedi.

"Orang Papua menikmati kepariwisataan alam di Jabar, dan orang Jabar menikmati kepariwisataan Papua," katanya.

Di luar itu, Dedi juga mengatakan saat ini pihaknya tengah mengembangkan 215 desa wisata di Jabar. "Tulang punggung ekonomi ada di kebangkitan desa," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top