Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alun-alun Sorong Diresmikan, Ridwan Kamil Ungkap Proses Kreatif

Proyek ini terwujud juga setelah diinisiasi sejak 2017 silam oleh pemerintah setempat menggandeng Ridwan Kamil untuk merancang wajah baru alun-alun yang berlokasi di Jalan Sorong-Aimas, Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong itu.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 01 Oktober 2021  |  14:14 WIB
Ridwan Kamil dan Atalia Praratya disambut meriah warga dan jajaran Pemda Sorong. Keduanya disambut tari/tarian tradisional Papua.
Ridwan Kamil dan Atalia Praratya disambut meriah warga dan jajaran Pemda Sorong. Keduanya disambut tari/tarian tradisional Papua.

Bisnis.com, BANDUNG — Alun-alun Sorong, Papua diresmikan Bupati Sorong Johny Kamuru dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (1/10/2021) ini.

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya disambut meriah warga dan jajaran Pemda Sorong. Keduanya disambut tari-tarian tradisional Papua.

Peresmian alun-alun juga ditandai dengan pemotongan pita di pintu gerbang alun-alun oleh Ridwan Kamil dan Bupati Sorong, Johny Kamuru serta jajaran Pemerintahan Kabupaten Sorong.

Proyek ini terwujud juga setelah diinisiasi sejak 2017 silam oleh pemerintah setempat menggandeng Ridwan Kamil untuk merancang wajah baru alun-alun yang berlokasi di Jalan Sorong-Aimas, Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong itu.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu bercerita dirinya diminta langsung Bupati Sorong Johny Kamuru untuk merancang wajah baru Alun-Alun Kabupaten Sorong. Kala itu dirinya masih menjabat Wali Kota Bandung.

"Nah waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah alun alun," katanya dalam keterangan resmi:

Idenya berangkat dari ruang terbuka publik, dimana alun-alun merupakan tempat yang istimewa dan jantung kota tempat warga berkumpul. Bahkan, alun-alun pun dapat menjadi wadah untuk berdemokrasi sekalipun.

"Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya," kata Kang Emil.

Salah satu sisi menarik dari alun-alun tersebut, yakni adanya bangunan koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar. Menurutnya bangunan tersebut terinspirasi dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong.

"Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur," katanya.

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong terbagi dari dua sisi, yakni sisi utara dan selatan. Kang Emil meresmikan alun-alun sisi utara yang sudah rampung direvitalisasi. Sementara alun-alun sisi selatan nantinya akan hadir lebih megah.

Sebagai wujud kebermanfaatan yang selama ini dianutnya, pihaknya sudah melobi Menkopolhulam, Mahfud MD untuk membantu pembiayaan revitalisasi sisi selatan Alun-alun Kabupaten Sorong itu.

"Kabar baiknya, saya juga sudah menghadap pemerintah pusat melalui Pak Mahfud MD (Menkopolhukam) yang rencananya akan membiayai pembangunan alun-alun tahap dua ini," katanya.

Kang Emil berharap, kehadiran wajah baru Alun-alun Kabupaten Sorong membawa kebahagiaan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sorong. Selain itu, mampu mendorong Kabupaten Sorong menjadi daerah yang lebih maju.

Selain itu revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong ini merupakan wujud kebersamaan antara Jabar dan Papua sebagai provinsi yang bersahabat.

"Saya doakan, dengan kehadiran alun-alun ini, Kabupaten Sorong semakin maju. Pesan saya, setiap hari harus ada yang baru. Anak-anak harus pintar, sejahtera, dan hebat dari orang tuanya. Jangan sebaliknya," kata Kang Emil.

Bupati Sorong Johny Kamuru menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dedikasi Ridwan Kamil yang telah mendesain Alun-alun Kabupaten Sorong hingga kini tampil beda.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak, apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak di sini," ungkap Kamuru.

"Ini memang sudah direncanakan sejak lama, tapi Puji Tuhan ini waktu yang tepat. Bayangkan, kemarin (kasus) Corona lagi tinggi-tingginya, lalu sekarang ada PON (Pekan Olahraga Nasional), dan Presiden mau ke sini (Papua), luar biasa," sambung Kamuru.

Secara langsung, pihaknya meminta bantuan Ridwan Kamil untuk mengubah wajah Kabupaten Sorong, khususnya DiatrikAimas menjadi sebuah kota yang modern sebagai salah satu visinya saat mencalonkan diri menjadi Bupati Sorong.

"Saya pikir (Ridwan Kamil) yang terbaik karena memiliki banyak gagasan. Kita lalu berangkat ke Bandung. Beliau sendiri yang gambar (alun-alun) secara keseluruhan," ungkapnya.

Menurutnya revitalisasi sisi utara Alun-alun Kabupaten Sorong ini telah menghabiskan dana sekitar Rp22 miliar yang seluruhnya berasal dari APBD Kabupaten Sorong.

"Bagian sisi utara ini dibangun dengan dana APBD sekitar Rp22 miliar. Total seluruh ini (sisi utara dan selatan) Rp52 atau Rp53 miliar," katanya.

Karena itu dirinya menyambut gembira kabar pemerintah pusat yang akan mendanai revitalisasi sisi selatan alun-alun yang disampaikan Ridwan Kamil.

Kamuru pun menegaskan bahwa Alun-alun Kabupaten Sorong merupakan milik masyarakat Kabupaten Sorong. Oleh karenanya, dia berharap, masyarakat pun mempunyai rasa memiliki dengan cara merawat alun-alun ini.

"Sepanjang pengetahuan saya, ini merupakan inovasi (kerja sama Papua dengan daerah lain) pertama di Tanah Papua. Jadi, alun-alun ini milik kita semua. Kalau kita merasa memiliki, berarti kita harus jaga," katanya.

Selain meresmikan Alun-alun Kabupaten Sorong, Ridwan Kamil dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Papua, akan menghadiri Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe dan menyemangati kontingen Jabar yang berlaga di PON XX Papua 2021, Sabtu (2/10/2021) besok.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top