Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Investasi: Mendesak Buat Jabar Selatan, Kapan Tol Cigatas Mulai Dibangun?

Dari data yang dimiliki Bisnis, Tol Cigatas akan dibangun dalam dua segmen. Segmen I Cigatas direncanakan akan dibangun pada 2022-2024 dengan biaya mencapai Rp30,24 triliun.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 07 September 2021  |  16:15 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Meski tingkat urgensi tol Gedebage-Cilacap atau lebih dikenal Cigatas sudah mendesak, proses dimulainya pembangunan tol yang akan menjadi akses tercepat ke wilayah Jabar Selatan atau Priangan Timur masih berproses.

Dari data yang dimiliki Bisnis, Tol Cigatas akan dibangun dalam dua segmen. Segmen I Cigatas direncanakan akan dibangun pada 2022-2024 dengan biaya mencapai Rp30,24 triliun.

Masuk dalam proyek strategis nasional, segmen I ini akan memiliki Panjang 95,21 kilometer mencakup Kabupaten Bandung, Garut dan Tasikmalaya.

Sementara untuk segmen II akan dibangun mulai dari Kabupaten Tasikmalaya-Ciamis hingga Pangandaran sepanjang 111,45 kilometer. Estimasi anggaran untuk segmen II ini mencapai Rp30,24 triliun dengan sumber pendanaan sepenuhnya dari pihak swasta. Pembangunan segmen II diperkirakan baru bisa dimulai pada 2025-2030 mendatang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat Noneng Komara mengatakan tol ini akan mendukung pergerakan logistik, komoditas dan orang dari kawasan produksi di Jawa Barat selatan menuju wilayah Metropolitan Bandung Raya.

“Tol ini juga jadi solusi masalah kemacetan di jalur selatan yang juga menjadi jalur rawan kecelakaan,” katanya kepada Bisnis baru-baru ini.

Tol Cigatas sendiri diperkiarakan bisa memangkas waktu tempuh hingga 40 persen dibanding memakai jalur biasa ataupun alternatif.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum berharap rencana pembangunan Tol Gedebage-Garut-Tasikmalaya-Cilacap atau yang dikenal Cigatas bisa segera terealiasi. Menurutnya pembangunan tol ini akan dilakukan dalam tiga tahap, yakni ruas Bandung-Tasikmalaya, Tasikmalaya-Banjar, dan Banjar-Cilacap.

Pemerintah Provinsi sendiri, menurutnya sudah sangat siap mendukung dari berbagai sisi untuk pembangunan oleh pemerintah pusat dan investor tersebut. Jika tol tersebut sudah rampung, perjalanan Bandung-Tasikmalaya cuma memakan waktu satu jam.

Program Jelajah Investasi Jabar-Jateng 2021 diselenggarakan atas dukungan para sponsor yakni DPMPTSP Jawa Barat, Diskominfo Jawa Barat, PT Migas Hulu Jabar (MUJ), PT Bandaudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Bank BJB, JNE Regional Jawa Barat, Bank Indonesia Jateng, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, Bank Jateng Syariah, JNE Regional Jateng, XL Axiata, dan Daihatsu Semarang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol cigatas cileunyi garut tasik Jelajah Investasi
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top