Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ulang Tahun ke-76 Jabar, Ridwan Kamil Banggakan Pertumbuhan Makro

Sama seperti tahun lalu, upacara peringatan ulang tahun ini masih digelar dengan suasana keprihatinan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Provinsi Jawa Barat berusia 76 tahun. Upacara peringatan HUT Jawa Barat ke-76 digelar di Gedung Sate, Bandung, Kamis (19/8/2021) dengan penerapan protokol kesehatan dan peserta yang terbatas.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan peringatan HUT ke-76 tahun Jabar terbilang bermakna karena digelar dua hari dari peringatan HUT ke-76 RI.

Menurutnya sama seperti tahun lalu, upacara peringatan ulang tahun ini masih digelar dengan suasana keprihatinan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pihaknya berharap dalam momentum ulang tahun ke 76 ini segenap aparatur sipil negara dan warga Jawa Barat memperkuat komitmen, lewat semangat kolaborasi menjalankan roda pembangunan bersama-sama dalam menanggulangi wabah Covid-19.

Semangat yang sama juga dilakukan dalam seluruh upaya pemulihan ekonomi daerah. Dalam setahun terakhir ini, Ridwan Kamil menegaskan bahwa indikator pembangunan Jawa Barat menunjukkan perbaikan. “Sangat baik secara makro,” katanya.

Ridwan Kamil melansir dengan jumlah penduduk hampir mencapai 50 juta atau 20 persen dari jumlah penduduk Indonesia, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Barat pada 2020 mencapai 72,90 poin atau meningkat dari tahun sebelumnya 27,03 poin.

Kemudian investasi Jawa Barat yang menempati skor 4 persen pada 2020 yang menunjukkan rasio kapital modal terhadap output setara dengan Negara lain di ASEAN. “Setara dengan Filipina, Malaysia, dan Thailand, menunjukan indeks kita setara Negara ASEAN,” tuturnya.

Laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jawa Barat pada 2020 lalu mencapai 1,20 persen dengan gini rasio 0,39 poin. Inflasi pada triwulan I 2021 turun 1,4 persen lebih rendah dari sebelumnya yang mencapai 1,3 persen. Sejumlah sektor juga tercatat tangguh dari terpaan krisis seperti ekonomi pangan, ekonomi digital dan kesehatan.

Jawa Barat juga menurutnya menjadi provinsi yang menghadirkan sejumlah stimulus dalam rangka pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19. Seperti menyalurkan bantuan sosial pada masyarakat terdampak Covid-19, stimulus kredit perbankan untuk para pengusaha kecil, mendorong ASN Pemprov Jawa Barat membeli produk UMKM, meluncurkan program petani milenial, juga mendorong donasi ASN, hingga program Silih Tulungan.

“Dengan upaya tersebut Jawa Barat keluar dari jurang resesi, ekonomi tumbuh 6,13 persen setelah sebelumnya ekonomi minus karena dampak pandemi Covid-19,” tuturnya.

Ulang tahun kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusung tema, 76 Tahun Jawa Barat Kuatkan Kebersamaan untuk Tetap Juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper