Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Urai Kemacetan Kopo-Cibaduyut, 2 Jalur Alternatif Disiapkan

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan jalan alternatif akan dibangun di atas tanah hibah dari masyarakat.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  19:23 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Kawasan Kopo dan Cibaduyut Kota Bandung kerap diterpa kemacetan akibat banyaknya volume kendaraan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung akan membangun dua jalur alternatif untuk mengatasi kematecan di kawasan tersebut.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan jalan tersebut akan dibangun di atas tanah hibah dari masyarakat. Saat ini, Pemkot Bandung tengah mengkaji pembangunan jalan alternatif tersebut.

"Ada masyarakat mau menghibahkan tanah untuk dibangun jalan tembus dari Kopo-Cibaduyut. Jadi kita kaji regulasinya karena seluruh kebutuhan tanahnya hibah masyarakat," kata Yana saat meninjau jalan di kawasan Bizpark, Kopo, Senin (7/6/2021).

Namun menurut Yana, pembangunan masih belum bisa dilakukan lantaran masih menunggu proses administrasi yang harus diselesaikan oleh Bizpark, selaku pengusaha yang menghibahkan tanah.

"Mudah-mudahan (pembangunan) tahun ini karena manfaat untuk masyarakatnya besar," ucapnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menjelaskan, nantinya dibangun dua jalur alternatif sepanjang 1,55 KM yang menghubungkan Kopo-Cibaduyut.

Jalur pertama yaitu masuk melalui Jalan Kopo Cirangrang kemudian tembus ke Cibaduyut. Sementara jalur kedua yakni masuk melalui Bizpark Commercial Estate kemudian tembus ke Cibaduyut.

"Kalau yang masuk dari Bizpark, nanti keluar dari Cibaduyut yang seberang Mekarwangi. kalau yang Kopo masuk dekat tol yang ada kereta KCIC, nanti keluar lagi dekat jalan tol," bebernya.

Setelah pihak pengusaha menyelesaikan proses administrasi, kata Didi, pembangunan baru bisa dilakukan.

"Karena semua tanahnya hibah dari Bizpark, kalau sudah beres bisa lebih cepat. Berharap tahun ini minimal satu sudah beres," ungkapnya.

"Mudah-mudahan bisa mengurangi beban Soekarno Hatta. Jadi kalau mau ke Cibaduyut tidak harus ke Soekarno Hatta dulu," harapnya. (K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top