Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Cirebon Terus Berupaya Keluar dari Zona Merah

Saat ini, Kota Cirebon merupakan satu-satunya wilayah di Jawa Barat yang masuk ke dalam zona merah, 26 sedangkan kota/kabupaten lainya masuk ke dalam zona oranye serta kuning.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon saat ini tengah berupaya keluar dari zona merah (risiko tinggi) penyebaran Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan pemerintah daerah terus berupaya agar Kota Cirebon bisa keluar dari zona merah dengan melakukan tes antigen secara acak di sejumlah titik.

"Kalau ada yang reaktif, kemudian kami ditindaklanjuti dengan mendatangi keluarga dan dilanjutkan dengan swab PCR," kata Agus di Kota Cirebon, Senin (31/5/2021).

Agus mengatakan, banyak masyarakat yang antusias mengikuti pelaksanaan antigen tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya sengaja mencari dan datang untuk meminta dicek.

Selain tes antigen, kegiatan patroli penegakan protokol kesehatan dilakukan di tempat-tempat keramaian, mulai dari pusat perbelanjaan hingga objek pariwisata.

"Hasil monitoring, beberapa melanggar prokes, seperti tidak mengatur jarak dan pembatasan yang masuk. Satu kafe pun kami ingatkan dengan sanksi tegas," katanya.

Saat ini, kasus aktif Covid-19 di Kota Cirebon masih terjadi. Namun, jika sebelumnya sempat di angka 73, sekarang turun menjadi sembilan kasus. Diharapkan berada di angka nol.

Sementara itu, bed occupancy rate (BOR) di Kota Cirebon masih dalam angka aman, yakni di bawah 50 persen persen dari keseluruhan kapasitas. “Bahkan untuk RSD Gunung Jati dan Ciremai sekitar 30 persen,” kata Agus.

Saat ini, Kota Cirebon merupakan satu-satunya wilayah di Jawa Barat yang masuk ke dalam zona merah, 26 sedangkan kota/kabupaten lainya masuk ke dalam zona oranye serta kuning. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper