Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Lebaran Dorong Cirebon Masuk Zona Merah, Satu Pekan 250 Kasus

Faktor liburan panjang, ada beberapa orang yang tidak tercegah bepergian antarkota, kami kira itu menjadi faktor penyebab meningkatnya kasus.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 28 Mei 2021  |  13:11 WIB
Ilustrasi - Pesisir Kejawanan di wilayah Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Ilustrasi - Pesisir Kejawanan di wilayah Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON- Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, mengungkapkan peningkatan kasus Covid-19 terjadi akibat adanya libur hari Raya Idul Fitri 1442 H. Hal itu berakibat ditetapkannya kota tersebut menjadi zona merah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr Katibi mengatakan peningkatan kasus terjadi tidak hanya di Kota Cirebon. Beberapa kota kabupaten di pun mengalami kenaikan.

"Faktor liburan panjang, ada beberapa orang yang tidak tercegah bepergian antarkota, kami kira itu menjadi faktor penyebab meningkatnya kasus," kata Katibi di Kota Cirebon, Jumat (28/5/2021).

Katibi mengatakan pada periode 17 sampai 23 Mei 2021 terjadi 250 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dari angka tersebut, sebanyak 9 orang warga Kota Cirebon meninggal dunia.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Cirebon terus meningkatkan upaya pelacakan dan vaksinasi Covid-19. Diharapkan, angka kasus dan kematian dapat berkurang.

“Penemuan kasus dari tracing dan testing sangat efektif," katanya.

Camat Pekalipan Gandi mengatakan bersama Satgas Covid-19 kecamatan, dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas, terus melakukan pendataan warga setelah Hari Raya Idulfitri.

Gandi menyebutkan pihaknya terus mengingatkan kepada semua warga untuk menaati protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Warga juga terus kami ingatkan untuk menjaga prokes, jangan sampai ada peningkatan kasus lagi, hanya karena kita tidak taat prokes, mudah-mudahan upaya ini sesuai apa yang diharapkan," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon Covid-19
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top