Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ridwan Kamil Ungkap Modus Pemudik Kelabui Petugas untuk Maksa Mudik

Gubernur meninjau langsung bagaimana para pemudik tetap nekat mudik meski telah dilarang pemerintah demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Barat.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  19:19 WIB
Penyekatan dan pemeriksaan kendaraan di jalur mudik Gentong, Tasikmalaya - Bisnis
Penyekatan dan pemeriksaan kendaraan di jalur mudik Gentong, Tasikmalaya - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pelaksanaan penyekatan pemudik di Padalarang dan Cileunyi.

Gubernur meninjau langsung bagaimana para pemudik tetap nekat mudik meski telah dilarang pemerintah demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Barat.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sejak diberlakukan penyekatan di 158 titik di Jawa Barat, banyak modus yang dilakukan pemudik untuk mengelabui petugas.

Beberapa di antarnya adalah banyak pemudik yang menunggu petugas lengah saat jam istirahat, saat hujan turun. Bahkan banyak juga yang menggunakan tes PCR bodong serta berpura-pura akan mengirimkan paket.

"Di lapangan, modus banyak," ungkap Emil, Senin (10/5/2021).

Jelang lebaran ini, ia memperkirakan masih akan ada masyarakat yang nekat untuk pulang kampung. Namun ia juga memastikan tidak akan berhenti mengedukasi, dan mencegah mobilisasi pemudik masuk ke Jawa Barat.

Menurutnya, ia memahami bagaimana kerinduan masyarakat terhadap kampung halamannya. Namun, menjaga agar Covid-19 tidak terus menyebar juga adalah bentuk rasa cinta kepada kampung halaman.

"Kita edukasi bahwa larangan mudik untuk keselamatan jiwa yang sedang kita perjuangan," ujarnya.

Ia juga meminta aparat di daerah juga mengambil peran aktif untuk memantau warga yang lolos ke kampung halamannya agar segera dilakukan isolasi kepada pemudik tersebut.

Meski demikian, Emil juga menyampaikan terimakasih terhadap warganya yang sadar dengan tidak mudik dulu pada masa Pandemi Covid-19 ini. (K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Mudik Lebaran
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top