Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masjid Raya Banyumas Mulai Dibangun, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Gayeng Video Call-an

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sendiri diundang Bupati Banyumas Ahmad Husein untuk turut hadir dalam dalam peletakan batu pertama Masjid oleh Ganjar Pranowo di Banyumas, Jumat (7/5/2021) ini.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  15:24 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat video call dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait pembangunan Masjid Raya di Kota Baru, Purwokerto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat video call dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait pembangunan Masjid Raya di Kota Baru, Purwokerto

Bisnis.com, BANDUNG — Dimulainya pembangunan Masjid Raya di Kota Baru, Purwokerto, Jawa Tengah yang dirancang khusus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi potret guyubnya komunikasi yang dibangun dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sendiri diundang Bupati Banyumas Ahmad Husein untuk turut hadir dalam dalam peletakan batu pertama Masjid oleh Ganjar Pranowo di Banyumas, Jumat (7/5/2021) ini. Namun karena kepadatan agenda yang tidak bisa diwakilkan Ridwan Kamil dipastikan tidak bisa hadir di lokasi.

Mengetahui Masjid tersebut diresmikan Ganjar, Ridwan Kamil langsung mengubungi Ganjar yang tengah dalam perjalanan ke Purwokerto lewat video call. Berikut percakapan akrab keduanya yang tertangkap oleh wartawan:

Ridwan Kamil (RK): Lagi OTW ya Mas Ganjar?
Ganjar Pranowo (GP): Iya ini masih di jalan, gimana-gimana?
RK: Saya juga dapat undangan, kapasitasnya sebagai yang mensodaqohkan desain. Cuma, mendadak tadi malam, saya ada agenda paripurna macam-macam.
GP: Hehehe
RK: Aku bisa video call nggak?
GP: Bisa-bisa
RK: Bentar ya

Sambil mengalihkan panggilan telepon ke panggilan video. Lantas muncul wajah Ganjar yang tengah memakai masker kemudian melepasnya. Senyum khasnya mengembang.

RK: Berapa jauh lagi di jalan ke Purwokerto?
GP: Kita mau berhenti dulu mau salat jumat dulu
RK: Iya, itu masjid konsepnya Seribu Bulan Sabit, nanti kalau pak Husein nerangin, ada sirip-sirip, itu satu sirip satu bulan sabit.
GP: Oh iya, nanti aku cerita saja kalau kita video call hehe
RK: Hehe, mudah-mudahan jadi masjid kebanggaan, orang-orang jadi rajin salat, juga jadi destinasi wisata religi.

Ridwan Kamil sebelumnya diminta oleh Bupati Banyumas Achmad Husein untuk mendesain masjid tersebut. Sementara Ganjar dijadwalkan akan hadir dalam peletakan batu pertama proyek tersebut, Jumat siang.

"Konsepnya seribu bulan sabit jadi ada sirip mirip bulan sabit. Berada di daerah yang istimewa dan mudah-mudahan pembangunannya lancar dan biaa menjadi masjid kebanggaan landmark wilayahnya dan yang terpenting memakmurkan dakwah Islam di Banyumas. Luasnya saya lupa tapi kapasitas untuk ribuan jamaah makanya jadi masjid raya," tuturnya.

Pada Ganjar dan Bupati Banyumas pihaknya menyampaikan potongan video ucapan atas dimulainya proyek tersebut.

"Hari ini saya dapat undangan groundbreaking yang akan dihadiri oleh Pak Ganjar Pranowo selaku gunernur Jateng atas undangan Pak Achmad Husein Bupati Banyumas. Karena jadwal tak memungkinkan saya hanya mengirimkan video ucapan intinya Masjid Raya Banyumas ini kebetulan Pak Bupatinya meminta saya mendesain insya Allah akan menjadi masjid ikonik di Jateng," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas akan membangun Masjid Akbar Seribu Bulan di kawasan kota baru Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Lebih istimewa, masjid yang akan menjadi masjid terbesar di Kabupaten Banyumas tersebut didesain khusus oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Gagasannya itu dari lailatul qadar, malam turunnya Alquran," kata RK saat meninjau lahan yang akan dijadikan masjid tersebut, Sabtu (24/10/2020).

Emil yang datang ke lokasi menggunakan sepeda motor bersama istrinya Atalia Praratya menjelaskan, masjid itu terdiri atas tiga bangunan.

Masing-masing bangunan didesain menyerupai bulan sabit dengan jumlah banyak.

"Ada garis melengkung, ibaratnya begitu, itu filosofinya. Tapi yang terpenting itu harus dimakmurkan, bukan berlomba-lomba bermegah-megahan," ujar Emil.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, masjid tersebut akan dibangun di lahan seluas 5 hektare di jalan baru yang menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya. Pembangunan rencananya dilakukan secara bertahap mulai Maret 202.

"Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp40 miliar. Dibangun bertahap menyesuaikan kondisi keuangan daerah. Kami juga menawarkan kepada masyarakat, kalau ada yang mau menyumbang silakan," kata Husein.

Husein mengatakan, di kawasan tersebut juga disiapkan lahan untuk pembangunan tempat ibadah agama lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top