Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapolda Jabar Jamin Warga Lokal di Wilayah Aglomerasi tak Terganggu Penyekatan

Mereka yang melewati titik penyekatan akan diberhentikan petugas untuk dimintai keterangan. Setelah itu, para pemudik akan diputarbalikkan ke tempat asalnya.
Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri
Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri

Bisnis.com, PURWAKARTA - Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri menjamin aktivitas warga lokal selama larangan mudik tak akan terganggu.

Hal itu menyusul terjadinya kasus aksi protes karyawan yang videonya viral di ruas Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di Cikarang Barat.

"Kita sudah ada aglomerasi wilayah. Jadi, warga yang berada di aglomerasi itu, tak akan terkena dampak penyekatan," ujar Dofiri, Kamis (6/5/2021).

Misalkan di wilayah Bandung Raya, aktivitas warga lokal tak akan terganggu dengan penyekatan petugas. Apalagi, mereka merupakan pekerja. Jadi, sasaran penyekatan dan pengetatan ini adalah warga yang akan melakukan mudik. Di luar itu, aktivitas warga lainnya tetap normal dan berjalan biasa.

Tetapi, bagi pemudik tidak ada toleransi. Mereka yang melewati titik penyekatan akan diberhentikan petugas untuk dimintai keterangan. Setelah itu, para pemudik akan diputarbalikkan ke tempat asalnya.

"Proses penyekatan ini pasti akan membuat kemacetan dan mengganggu warga lokal. Tetapi, kami minta kesadaran warga supaya lebih ditingkatkan lagi. Jangan coba-coba warga mudik, karena akan berhadapan dengan petugas di titik penyekatan," ujarnya.

Adapun kasus aksi protes karyawan yang terjadi pada Kamis pagi tadi di ruas Tol Japek, hal itu masuknya ke wilayah hukum Polda Metro Jaya. Tetapi, imbas kemacetan kendaraanya sampai ke perbatasan Karawang.

Sehingga, pihaknya sudah berkoordinasi dengan petugas setempat, untuk bertindak guna mengatasi jika ada masalah serupa. Salah satunya, jalur dibagi-bagi yakni khusus jalur untuk penyekatan dan ada juga jalur untuk mengurai kendaraan.(K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper