Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suryacipta Raih Peringkat Tertinggi Kawasan Industri Ramah Lingkungan

Suryacipta meraih peringkat tertinggi dalam Eco-Industrial Parks (EIP) yang dilakukan oleh United Nations Industrial Development Organization (UNIDO).
Kawasan Suryacipta/Istimewa
Kawasan Suryacipta/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Suryacipta meraih peringkat tertinggi dalam Eco-Industrial Parks (EIP) atau kawasan industri ramah lingkungan yang dilakukan oleh United Nations Industrial Development Organization (UNIDO).

Indonesia dan UNIDO telah menjalin kerja sama sejak tahun 1980 dengan Kemenperin sebagai National Focal Point. Kolaborasi terkini antara UNIDO dengan Kemenperin adalah proyek bertajuk Global Eco-Industrial Park Programme (GEIPP), bertujuan untuk mengembangkan kawasan industri di tanah air melalui pendekatan lingkungan.

UNIDO melakukan penelitian (2018-2020) terhadap 50 kawasan industri di 8 negara berkembang (Indonesia, Kolombia, Mesir, Nigeria, Peru, Afrika Selatan, Ukraina, dan Vietnam) terhadap indikator kinerja yang diuraikan dalam Kerangka Kerja Internasional untuk kawasan industri ramah lingkungan atau EIP.

Dalam siaran persnya, Rabu (21/4/2021), disebutkan konsep EIP merupakan tahap awal untuk menuju Smart Industrial Park yang menjadi program prioritas Kemenperin untuk mengembangkan kawasan industri berbasis teknologi digital serta berwawasan lingkungan. Sehingga secara optimal akan meningkatkan efisiensi dan daya saing industri di dalam kawasan tersebut.

Suryacipta dikembangkan dan dikelola oleh PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta), anak usaha dari PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA).

Sebagai kawasan industri yang mengusung tema green industrial city dan memiliki fokus di bidang lingkungan, pencapaian tersebut menunjukkan komitmen perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Berbekal pengalaman lebih dari 31 tahun, Suryacipta mengembangkan bisnisnya dengan meluncurkan produk kota pintar dengan konsep cerdas dan berkelanjutan yaitu Subang Smartpolitan (Smartpolitan), sebuah ekosistem lengkap di mana industri, hunian, komersial, pendidikan dan kesehatan berada dalam satu kawasan.

Suryacipta dan Smartpolitan tidak hanya menerapkan smart system dalam kawasannya namun juga smart environment. Di masa yang akan datang, Suryacipta dan Smartpolitan diharapkan dapat menjadi tolak ukur atau contoh bagi kawasan industri lainnya.

Dengan demikian, Suryacipta dapat berkontribusi dalam pengembangan industri yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia sesuai dengan visi perusahaan yaitu Building a Better Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper