Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tidak Hanya Gerbang Tol, Jalur Tikus dari dan Menuju Kota Bandung Bakal Disekat

Pemerintah Kota Bandung bersama Kepolisian dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyiapkan skenario penyekatan jalan untuk mengatisipasi masyarakat yang nekat untuk mudik pada momentum Lebaran 2021.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung bersama Kepolisian dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyiapkan skenario penyekatan jalan untuk mengatisipasi masyarakat yang nekat untuk mudik pada momentum Lebaran 2021.

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya memastikan pihaknya bersama Wali Kota Bandung dan Forkopimda lainnya sudah menjalani rapat koordinasi dengan pemerintah pusat.

"Tidak ada mudik mulai dari Polda Metro akan diperketat begitu pun di Bandung akan dirapatkan titik-titik mana yang akan ditempatkan baik pintu masuk maupun keluar," ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Menurut Ulung, penyekatan tidak hanya dilakukan di pintu-pintu tol saja, namun seluruh jalan arteri pun baik masuk dan keluar Kota Bandung akan dilakukan penyekatan.

"Seperti di Cibiru, bukan jalan tol akan disiapkan termasuk jalan arteri juga," katanya.

Menurutnya upaya penyekatan jalan di Kota Bandung dinilai sangat penting lantaran Kota Bandung menjadi destinasi favorit untuk tujuan dan asal mudik. Namun, menurut Ulung untuk jumlah titik penyekatan masih akan terus dibahas dalam rapat yang akan kembali digelar pada Jumat (23/4/2021).

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku dirinya sudah membahas terkait upaya penyekatatan arus mudik secara umum dengan para Forkopimda. Pihaknya pun segera akan melakukan pembahasan teknis dari upaya pencegahan mobilisasi orang dari dan menuju Kota Bandung.

"InsyaAllah saya ngobrol dengan kapolrestabes dan dandim semua apa yang didapatkan dari pusat akan dibahas hari Jumat di forkopimda Kota Bandung," ungkapnya.

Selain soal larangan dan upaya pencegahan warga mudik, pihaknya juga diberikan arahan untuk selalu memastikan stok pangan di Kota Bandung tetap terjaga.

"Titik penyekatan belum dibahas. Pokoknya yang paling terlihat, (pembahasan) mudik," katanya. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper