Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Khofifah Minta Ridwan Kamil Buat Desain Masjid Islamic Center Surabaya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain masjid Islamic Center Surabaya.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 20 April 2021  |  13:02 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai mengisi studium generale di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor - Istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai mengisi studium generale di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain masjid Islamic Center Surabaya.

Khofifah bertemu Ridwan Kamil sesudah mengisi studium generale di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang kemudian bertemu dengan elemen muslimat Nahdlatul Ulama (NU). Ridwan Kamil memfasilitasinya di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (19/4/2021) malam.

“Kita ingin bersilaturahim dengan warga jabar, terutama yang elemen muslimat NU, dan terimakasih kami diberi kesempatan di Gedung Sate ini,” ucap Khofifah.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku saling berbagi pengalaman, khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19. Hal yang disorotinya adalah angka kematian yang terus diupayakan untuk ditekan di wilayah Jawa Timur.

“Bagaimana pengendalian angka kematian di Jawa Barat karena Covid-19 itu bisa sangat bagus. Kami di Jawa Timur pengendaliam kasusnya cukup bagus tapi untuk bisa menurunkan angka kematian karena Covid-19, masih harus belajar kembali dari Jawa Barat,” terang dia.

Khofifah meminta Ridwan Kamil membuat desain masjid untuk dibandung di kawasan Islamic Center Surabaya Pemprov Jawa Timur. Saat ini, masjid yang berada di sana masih belum representatif karena ukuran gedungnya terlalu kecil.

Khofifah memilih Ridwan Kamil karena latar belakangnya sebagai arsitek dan sudah membuat desain masjid di beberapa wilayah di Indonesia hingga yang terbaru di Palestina.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap Ridwan Kamil bisa menyambut baik sekaligus bisa meluangkan waktu untuk proyek yang dijadwalkan bisa dimulai tahun ini.

“Kebetulan yang memiliki keahlian (mendesain masjid) itu adalah Gubernur Jawa Barat. Maka tadi saya juga mampir kepada beliau mohon untuk bisa disupport. Saya sudah mendatangi masjid yang didesain (Ridwan Kamil) di Padang, lalu di Makassar, saya menikmati sekali bagaimana arsitekturmya,” ucap mantan Menteri Sosial itu.

“Tentu kita berharap bahwa akan ada sentuhan dari skil beliau untuk arsitektur masjid yang sedang kita siapkan untuk Islamic Center di Surabaya. Mudah-mudahan ini bisa disegerakan di tengah berbagai kesibukan beliau,” terang dia.

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil mengatakan pertemuan dengan pemimpin dari provinsi lain menjadi sesuatu yang istimewa di masa pandemi. Karena, aktivitas itu tidak bisa selalu atau sengaja dilakukan.

“Oleh Covid ini semua sibuk di dapur masing-masing, Bu Khofifah ini juga 2 tahun menahan diri, kebetulan Bu Khofifah diundang di IPDN. Tadi elemen muslimat NU juga antusias,” kata pria yang akrab disapa Emil.

Ridwan Kamil pun menyambut baik keinginan Khofifah mengenai desain masjid di kawasan Islamic Center Surabaya. Baginya, hal ini merupakan upaya berdakwah dengan latar belakang pendidikannya sebagai arsitek. Semuanya tidak dipungut biaya.

“Saya mah, jadi pejabat tidak pejabat, urusan dakwah infrastruktur (mendesain masjid) terus saya lanjutkan, ternyata ada saling membutuhkan ya,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top