Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumedang Antisipasi Kedatangan Pemudik pada Awal Ramadan

Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang dan Polres Sumedang melakukan sejumlah antisipasi lantaran banyaknya pemudik yang mulai berdatangan pada pekan awal bulan Ramadan ini.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 18 April 2021  |  13:45 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, SUMEDANG - Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang dan Polres Sumedang melakukan sejumlah antisipasi lantaran banyaknya pemudik yang mulai berdatangan pada pekan awal bulan Ramadan ini.

Sekretaris Dinas PerhubunganKabupaten Sumedang Atang Sutarno mengatakan pengawasan dilakukan karena tidak menutup kemungkinan banyak warga yang tetap memaksakan mudik lebih awal, setelah mereka mengetahui adanya larangan mudik lebaran.

"Pengawasan sudah dilakukan dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2021. Kami bekerjasama dengan aparat kepolisian," kata Atang, Minggu (18/4/2021).

Atang mengatakan, selain itu tim gabungan pun melakukan pengawasan di setiap terminal, dan terminal bayangan.

Ia menambahkan, di setiap terminal pun bakal diterapkan pemeriksaan GeNose-19. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang dari daerah luar.

"Kami sudah menyarankan agar Polres Sumedang yang sudah memiliki alat tes GeNose C19 untuk melakukan pengetesan di terminal," kata Atang.

Pemerintah resmi mengumumkan bahwa mudik lebaran pada tahun ini ditiadakan. Ketentuan itu berlaku bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Keputusan tersebut ditetapkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan setelah digelarnya rapat koordinasi antara Kemenko PMK dengan sejumlah kementerian/lembaga terkait.

Keputusan tersebut dilakukan, karena tingginya angka penularan dan angka kematian, baik masyarakat maupun tenaga kesehatan akibat wabah Covid-19 akibat beberapa kali libur panjang.

Larangan mudik akan resmi dimulai pada 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021. Pergerakan kegiatan-kegiatan yang keluar daerah tidak diperbolehkan, kecuali keadaan mendesak dan perlu. (K45)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top