Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oded Sidak Pasar, Temukan Harga Kepokmas Mulai Merangkak Naik Jelang Ramadan

Wali Kota Bandung Oded M Danial menemukan lonjakan harga beberapa komoditas kebutuhan pokok masyarakat jelang Ramadan 2021.
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengecek harga kepokmas di pasar
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengecek harga kepokmas di pasar

Bisnis.com, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Oded M Danial menemukan lonjakan harga beberapa komoditas kebutuhan pokok masyarakat jelang Ramadan 2021.

Oded yang didampingi wakilnya Yana Mulyana meninjau Pasar Sederhana untuk melihat sampel harga kepokmas di pasaran.

Oded menyambangi sejumlah kios pedagang, dari mulai pedagang daging, ikan, sayuran, tahu tempe, telur, dan bahan pangan lainnya, serta menanyakan harga kepada setiap pedagang.

Menurut Oded, kedatanganya tersebut ingin memastikan langsung kesiapan dan ketersediaan bahan pangan. Termasuk adanya kenaikan harga sejumlah komoditas.

"Sekarang Mang Oded dan Pak Wakil langsung turun ke lapangan, ke Pasar Sederhana memastikan bagaimana kesiapan dan ketersediaan pangan yang ada di Kota Bandung, baik dari telur, ayam, dan lain sebagainya," katanya usai peninjauan, Kamis (8/4/2021).

"Tadi ada beberapa yang signifikan naiknya, daging sapi sekarang Rp130.000 per kilogram. Mudah mudahan tidak naik lagi ke depan. Kemudian saya lihat kelapa, gula, cabai. Cabai turun dari Rp120.000 sekarang sudah Rp80.000," ucapnya.

"Kalau untuk beras stabil. Sedangkan ayam, kalau yang lebih kecil itu mahal, tapi yang besar, broiler, masih di kisaran Rp38.000 per kilogram. Kalau stoknya dipastikan aman," lanjutnya.

Mengantisipasi penimbunan kepokmas, Oded telah menginstruksikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Eric M. Attauriq untuk mengkomandoi Disdagin dan DKPP terkait ketersediaan kepokmas tersebut.

"Antisipasi penimbunan di bawah komando Asisten 2. Beliau dengan Pak Gin Gin dan Satgas pangan untuk terus memantau agar tidak terjadi adanya penimbunan," ucapnya.

"Kalau ada penimbunan harus ditindak, jadi bukan hanya di sini (Pasar Sederhana) saja, nanti Bu Elly akan dikomandoi Pak Asisten sudah merancang beberapa pasar yang akan dilakukan peninjauan juga," tambahnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung, menjelang Bulan Ramadan ini tetap berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak perlu berlebihan. Karena esensi dari shaum Ramadan yaitu menahan diri.

"Saat berbelanja, harus teliti. DKPP akan terus berupaya mengecek, memeriksa, memastikan kualitas pangan ini baik dan aman," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper