Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengembang Perumahan di Kota Cirebon Diminta Perhatikan Fasilitas Umum

Pemerintah Kota Cirebon meminta pengembang (developer) perumahan untuk memperhatikan aturan pembangunan, salah satunya fasilitas umum.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 08 April 2021  |  19:10 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon meminta pengembang (developer) perumahan untuk memperhatikan aturan pembangunan, salah satunya fasilitas umum.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan fasilitas umum di dalam perumahan merupakan daya tarik dan kenyamanan untuk calon pembeli. Beberapa pengembang banyak yang mengabaikan hal tersebut.

"Jangan lupakan fasilitas umum berdasarkanbPeraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 24/PRT/M/2018," kata Eti di Kota Cirebon, Kamis (8/4/2021).

Eti menyebutkan, permintaan perumahan di Kota Cirebon pada saat pandemi covid-19 ini terbukti melorot. Meskipun begitu, ia yakin pandemi ini akan segera selesai dan minat masyarakat memiliki rumah semakin tinggi.

Ia menyebutkan, pengembang di Kota Cirebon saat ini dihadapkan dengan harga material bangunan yang terus mengalami peningkatan harga, sehingga harga setiap unit rumah otomatis naik.

"Pada akhirnya ketidakseimbangan dengan kemampuan dan daya beli masyarakat," katanya.

Pemerintah Kota Cirebon meminta kepada pengembang yang tidak mampu memelihara fasilitas umum untuk menyerahkan sarana dan prasaranannya umum kepada pemerintah.

Selain itu, kata Eti, pengembang perumahan banyak yang belum mengetahui kebijakan serta program pemerintah pusat. "Terutama yang berkaitan dengan bantuan kepada perumahan umum dan komersial, harus sesuai aturan," katanya.

Abdul Mutaqien (37), warga Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon menyebutkan, di perumahannya tersebut, akses utamanya mengalami kerusakan serta penerangan jalan umum (PJU) tidak memadai.

Ia pun meminta, pengembang perumahan tersebut untuk tidak mengabaikan fasilitas umum. Menurutnya, hal itu sangat membahayakan, terutama pada waktu malam hari.

"Harus jadi perhatian, jangan dibiarkan takutnya terus menjadi rusak," katanya. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top