Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rancang Masjid di Gaza, Ridwan Kamil Alami Proses Emosional

Masjid Syaikh Ajilin mulai memasuki tahap pembangunan fisik setelah prosesi peletakan batu pertama dilakukan oleh Aman Palestin Indonesia bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (7/4/2021).
Rancangan Masjid Syaikh Ajilin/Istimewa
Rancangan Masjid Syaikh Ajilin/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Masjid Syaikh Ajilin mulai memasuki tahap pembangunan fisik setelah prosesi peletakan batu pertama dilakukan oleh Aman Palestin Indonesia bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (7/4/2021).

Dirancang khusus Ridwan Kamil, akhirnya desain masjid jatuh pada pilihan arsitektur masjid yang menggabungkan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam.

Pada prosesnya, penyusunan desain masjid ini berlangsung panjang. Diminta oleh pihak Aman Palestin Indonesia sejak menjabat Wali Kota Bandung, pihaknya memberikan empat opsi desain pada 2019 lalu.

“Saya dalam mendesain selalu memberikan pilihan, jadi ada empat opsi yang saya gambar. Kami serahkan pilihan itu kepada masyarakat Gaza,” katanya.

Biasa mendesain masjid, dia mengaku penyusunan desain Syaikh Ajilin bukan hal mudah. Pihaknya juga berjuang dengan urusan emosional karena pembangunan masjid ini bisa menjadi sejarah baru bagi hubungan Indonesia-Palestina.

“Perjalanannya memang emosional karena kalau saya mendesain masjid di Indonesia probelmnya sedikit tidak terlalu masalah. Tapi di Gaza luar biasa makanya panjang, tapi saya punya kesaksian barang siapa memulai membangun masjid saya tidak pernah melihat ada masjid yang tidak selesai mau cepat lambat insya Allah selesai,” tuturnya.

Dia menuturkan masjid tersebut dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan hubungan seorang muslim antara dengan ilahi, manusia dan alam. Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik dan menyerupai bentuk bambu runcing.

"Makanya ada struktur yang tinggi di tengah habluminallah, kanan hablumminannas dan hablumminalalam. Bahwa kita harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, manusia dan mencintai alam," katanya.

Dibangun megah di tepi pantai, masjid ini akan memiliki tiga lantai yang rencananya akan difungsikan juga untuk madrasah. Sebelum hancur diserang pasukan Israel pada 2014 lalu, masjid tersebut menjadi pencetak ribuan penghapal Quran, pihaknya ingin menghadirkan kembali kejayaan Masjid Syaikh Ajilin sekaligus menjadi simbol merajut hubungan antara muslim Palestin dan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper