Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkah Libur Paskah, Okupansi Hotel di Jabar Naik

Okupansi hotel di sejumlah wilayah Jawa Barat pada libur panjang Paskah akhir pekan lalu menunjukkan peningkatan signifikan.
Pekerja melayani tamu di Hotel The Priangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat/Antara
Pekerja melayani tamu di Hotel The Priangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat/Antara

Bisnis.com, BANDUNG — Okupansi hotel di sejumlah wilayah Jawa Barat pada libur panjang Paskah akhir pekan lalu menunjukkan peningkatan signifikan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat mencatat rerata kenaikan okupansi hotel terjadi di wilayah di Kota Bandung hingga Cirebon dari periode 28 Maret hingga 3 April 2021.

“Di Kota Bandung rataan okupansi berada di angka 45,82 persen. Kota Depok 44,73 persen, Kabupaten Purwakarta rata-rata di angka 57 persen. Sedangkan di Kabupaten Bandung rataan pada periode yang sama sebanyak 40,9 persen,” kata Kadisparbud Jabar Dedi Taufik, Selasa (6/4/2021).

Sementara raihan okupansi di Kabupaten Indramayu cukup signifikan pada 29 Maret yang mencatat 91,42 persen. Sementara di Kota Cirebon pada 2 April tercatat 91,66 persen dan pada 3 April 84,87 persen. Kemudian di Kabupaten Subang okupansi rata-rata di angka 39 persen.

Dedi Taufik mengatakan angka ini menjadi indikator perbaikan kinerja bisnis sektor hotel setelah terpuruk pada tahun 2020 dihantam pandemi Covid-19.

“Meski belum normal kinerja bisnis industri hotel, catatan ini sangat baik karena ada pertumbuhan saat libur panjang,” katanya.

Ia memastikan bahwa pelaku industri hotel sudah banyak yang menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Ini seiring dengan basis Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability (CHSE) yang diberlakukan di industri pariwisata.

Dia berharap catatan ini bisa menambah optimistis para pelaku industri hotel, termasuk pariwisata. Apalagi, Jawa Barat merupakan lintasan dan tujuan para wisatawan. Ada ratusan objek wisata di Jawa Barat yang bisa menarik minat wisatawan, terlebih saat musim libur panjang.

"Harus optimistis, yang penting saya sudah bikin SOP, ada 3M, CHSE, divaksin, antigen dan aman. Jadi apabila nanti yang berwisata ke Jabar sudah siap," kata Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper