Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapat Bankeu Rp1,5 Triliun, Sumedang Prioritaskan Bangun Ini

Pemerintah Kabupaten Sumedang mengusulkan sejumlah prioritas pembangunan menggunakan bantuan keuangan provinsi Jawa barat sebanyak 2022 Rp1,5 triliun.
Kawasan wisata Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang/Bisnis
Kawasan wisata Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang mengusulkan sejumlah prioritas pembangunan menggunakan bantuan keuangan provinsi Jawa barat sebanyak 2022 Rp1,5 triliun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten Sumedang virtual, Rabu (31/3/2021).

Dony menyebutkan, usulan tersebut meliputi pembangunan infrastruktur jalan perbatasan antar kabupaten sebesar Rp 24,3 miliar, dengan total sebanyak enam ruas jalan.

"Tentunya upaya ini dilakukan untuk pemulihan ekonomi melalui inovasi dan kolaborasi melalui sinkronisasi prioritas Kabupaten yang harus sama dengan prioritas nasional dan Provinsi Jawa Barat," kata Dony.

Kemudian, usulan yang menjadi prioritas yaitu, infrastruktur jalan pendukung pariwisata sebesar Rp70,5 miliar, reformasi kesehatan daerah sebesar Rp 930 miliar, dan penguatan sistem ketahanan pangan berkelanjutan sebesar Rp11 miliar.

Selanjutnya, reformasi sistem pendidikan dan pemajuan kebudayaan sebesar Rp45 miliar serta inovasi pelayanan publik dan penataan daerah sebesar Rp33,7 miliar.

Terakhir, pengembangan infrastruktur konektivitas wilayah dan pengelolaan lingkungan hidup sebesar Rp309,728 miliar, pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata sebesar Rp100,6 miliar.

Dony mengatakan, pada 2022 pun pemerintah akan berupaya menyelesaikan lima permasalahan, yakni penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, pendidikan dan kesehatan, kurang memadainya infrastruktur dasar, dan kinerja yang ASN belum optimal dalam memberikan pelayanan.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kata Dony, akan diselesaikan dengan enam potensi unggulan, yakni meliputi SDM, SDA, sejarah dan budaya, letak geografis, Iptek di kawasan Jatinangor, KEK Jatigede, dan kawasan Butomgede.

"Keenam potensi ini diharapkan dapat menyelesaikan lima masalah utama tadi," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper