Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subang Jadi Wilayah Pengembangan Kewirausahaan Pertanian

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian memilih Kabupaten Subang sebagai wilayah pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian.
Bupati Subang Ruhimat (kedua kiri)
Bupati Subang Ruhimat (kedua kiri)

Bisnis.com, SUBANG - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian memilih Kabupaten Subang sebagai wilayah pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian.

Program tersebut diberi nama youth entrepreuneurship and employment support services atau YESS. Selain Subang, ada tiga wilayah lainnya yang akan menerapkan program tersebut.

Plt Direktur Polbangtan Bogor sekaligus penanggung Jawab Program YESS Jawa Barat Siswoyo mengatakan Subang masuk menjadi salah satu dari empat wilayah yang akan menerapkan program tersebut. Adapun tiga wilayah lainnya, yaitu Cianjur, Tasikmalaya dan Sukabumi.

"Melalui program YESS diupayakan agar anak-anak muda dapat terjun ke dunia pertanian dari mulai bertani hingga ke pengembangan usaha berbasis pertanian," ujar Siswoyo, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Jumat (19/3/2021).

Saat ini, telah terdaftar calon petani muda di Subang sekitar 6.000 orang. Jumlah tersebut, dipastikan akan terus bertambah. Mengingat, Subang merupakan sentra pertanian ketiga terbesar di Jawa Barat.

Karena itu, pihaknya berharap agar bupati beserta jajaran dan dinas terkait untuk mendukung penerapan program tersebut. YESS ini, merupakan program yang tidak hanya nasional namun berskala internasional.

Bahkan, telah diterapkan di 4 provinsi dan 15 Kabupaten. Adapun 4 provinsi tersebut yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selata dan Sulawesi Selatan. Program ini, salah satu tujuannya untuk menarik minat anak muda, supaya mau berkecimpung dalam sektor pertanian.

"Jadi, pertanian ini tak melulu soal menanam padi. Melainkan, ada entrepeneurnya yang bisa dikembangkan oleh generasi milenial kita," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Subang Ruhimat atau akrab disapa Kang Jimat mengaku, pihaknya sangat bahagia karena dipilih oleh pusat sebagai wilayah penerapan program YESS. Pihaknya berjanji, akan berusaha memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaannya.

"Tinggal sampaikan apa yang bisa kami lakukan di level kami," ujar Kang Jimat yang berharap melalui program ini dapat menjadikan sektor pertanian Kabupaten Subang lebih berkembang dan mendunia. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper