Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja 2020 Positif, BJB Bukukan Laba Rp1,7 Triliun

Bank BJB berhasil mencatat pencapaian bisnis positif sepanjang tahun 2020 meski di tengah pandemi Covid-19.
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id

Bisnis.com, BANDUNG — Bank BJB berhasil mencatat pencapaian bisnis positif sepanjang tahun 2020 meski di tengah pandemi Covid-19.

Tren positif ini tercermin melalui sejumlah indikator kunci kinerja. Secara konsolidasi perolehan laba Bank BJB mencapai Rp1,7 triliun atau tumbuh 8 persen secara year-on-year(y-o-y).

Nilai aset bank bjbjuga ikut tumbuh 14,1 persen y-o-y menjadi Rp140,9 triliun. Sektor kredit yang menjadi profit driver mengalami pertumbuhan 9,1 persen y-o-y menjadi Rp95,2 triliun.

Sementara dana pihak ketiga (DPK) perusahaan juga berhasil tumbuh di angka 19,1 persen secara tahunan sebesar Rp106,5 triliun. pertumbuhan ini berada di atas tingkat pertumbuhan baik industri perbankan nasional maupun kelompok Bank Pembangunan Daerah.

Dari segi risiko kredit, BJB berhasil menekan rasio kredit macet di mana tingkat non performing loan (NPL) bank bjbterjaga sangat baik di level 1,4 persen atau turun 18 basis poin dan bertahan di bawah rata-rata NPL industri perbankan nasional per Desember sebesar 3,06 persen.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan capaian positif ini diperoleh berkat bisnis model bank yang resilient dan kemampuan adaptasi perusahaan yang agile sehingga kinerja perseroan senantiasa berada di dalam jalur yang sesuai harapan.

“Tahun 2020 adalah momen yang penuh dengan tantangan di seluruh lini kehidupan. Krisis kesehatan dan ekonomi memberikan tekanan yang sangat besar kepada industri perbankan nasional. Didorong oleh kekompakan dan kesungguhan kinerja seluruh insan perusahaan, BJB berhasil melewati 'tes tahan uji' ini dengan hasil yang menggembirakan,” kata Yuddy dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Senin (15/3/2021).

Yuddy menuturkan, berbagai inovasi teknologi juga dilakukan guna merespons kebutuhan pasar sekaligus memberikan kemudahan kepada nasabah di era yang serba cepat.

Sepanjang tahun 2020 hingga saat ini, BJB berhasil menelurkan sejumlah inovasi layanan digital perbankan yang memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengakses layanan BJB.

Beberapa hasil inovasi tersebut di antaranya penerbitan uang elektronik DigiCash, aplikasi bjbMesra dan bjbLaku (Layanan Akses kredit UMKM) untuk semua jenis pinjaman usaha.

Di luar layanan produk perbankan, terobosan juga dilakukan berupa penerapan sistem lelang E-Procurement dan adopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Payment. 

Yuddy menambahkan, infrastruktur digital memang menjadi salah satu fokus perseroan yang akan terus dioptimalisasi. Perbaikan demi perbaikan ini juga bertujuan guna meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan jasa perbankan melalui inklusi keuangan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Peningkatan positif ini diharapkan berlangsung terus-menerus sehingga BJB tetap eksis di masa yang akan datang. Target kita adalah pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan. Pencapaian bisnis tahunan ini akan menjadi rujukan dalam memperkaya strategi ekspansi jangka panjang perusahaan untuk terus berkembang menjadi lebih besar,” ujar Yuddy.

Untuk menjaga permodalan khususnya Tier-1 rasio dalam mendukung ekspansi usaha, BJB akan mengajukan program penambahan modal melalui HMETD pada RUPS Tahunan Tahun Buku 2020 yang akan diselenggarakan pada 6 April 2021.

Sebagaimana keterbukaan informasi yang telah dilakukan, BJB akan melakukan penerbitan sebanyak-banyaknya 925.000.000 (sembilan ratus dua puluh lima juta) saham Seri B baru atau sebesar 9,40 persen dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper