Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ridwan Kamil Beberkan Kronologis Virus Corona B117 Masuk ke Karawang

Temuan virus corona varian baru bernama B117 UK di Indonesia datang dari dua warga Karawang yang baru menjalani penerbangan internasional.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  20:47 WIB
Sel virus corona
Sel virus corona

Bisnis.com, BANDUNG - Temuan virus corona varian baru bernama B117 UK di Indonesia datang dari dua warga Karawang yang baru menjalani penerbangan internasional.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan virus varian B117 UK ini terdeteksi setelah dua warga Karawang datang di Tanah Air dengan pesawat Qatar Airways.

"Sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari. sudah dilaksanakan, tapi virusnya tidak mau hilang. Tim sedang melacak, tracing dan testing,” katanya usai rapat komite penanganan Covid-19 di Makodam III Siliwangi, Bandung, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya Dua warga karawang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan virus varian baru tersebut kini sudah dinyatakan negatif. Hanya saja, mereka masih menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

“Kita sedang tracing. Kami akan tes berkali-kali memastikan tidak ada hal yang merugikan. Sudah dinyatakan negatif dari virus varian baru. Tapi masih isolasi. Kita belum yakin. Masih (isolasi) di rumah masing-masing,” katanya.

Pihaknya sudah meminta jajaran pemerintah di Kabupaten Karawang, beserta Kapolres dan Dandim bekerja lebih keras untuk mengantisipasi penyebaran virus. Deteksi cepat sangat penting agar pengendalian bisa dilakukan secara maksimal.

“Jangan sampai kecolongan kita tidak bisa mengendalikan, mumpung masih kecil, harus segarea dideteksi. Kalau telat, harga treatmentnya sangat mahal sekali,” terang Ridwan Kamil.

Pihaknya juga meminta tim peneliti termasuk dinas kesehatan segera melakukan kajian untuk penanganan yang dilakukan.Kajian yang masih dalam proses itu pun nantinya digunakan untuk melakukan pencegahan. Sejauh ini, mutasi virus yang ditemukan di dua warga karawang tersebut dipastikan bukan mutasi lokal.

“Karena virus vairan ini pasti impor, bukan varian mutasi lokal. Makanya dua orang ini tercaptat bepergian internasional. Kadisnkes dan peneliti melakukan kajian, bbagaimana merespon treatmentnnya. Kami sedang menunggu kajian,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top