Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Juta Pelayan Publik di Jabar akan Divaksin Tahap II, Termasuk Lansia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali melansir sejumlah capaian Jawa Barat dalam proses vaksinasi dan penanganan Covid-19.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali melansir sejumlah capaian Jawa Barat dalam proses vaksinasi dan penanganan Covid-19.

Ridwan Kamil mengatakan proses vaksinasi tahap pertama pada tenaga kesehatan di wilayahnya termasuk tinggi. Menurutnya sebanyak 82 persen tenaga kesehatan saat ini sudah divaksin, pihaknya kini tengah bersiap untuk menggelar vaksinasi pada masyarakat berkategori khusus seperti PNS, tokoh masyarakat, TNI/Polri dan para pedagang pasar hingga guru.

“Vaksin tahap satu 82 persen sudah terselesaikan, dosis kedua di 46 persen,” katanya di Mapolda Jabar, Bandung, Senin (22/2/2021).

Khusus vaksinasi terhadap lansia , pihaknya akan memprioritaskan secara khusus di enam wilayah yang kasusnya tertinggi jadi mayoritas di Bodebek dan Bandung raya. “Itu akan didahulukan penyuntikan vaksin untuk lansia,” katanya.

Bicara berapa jumlah pedagang pasar dan lansia yang akan divaksin, Ridwan Kamil mengaku belum memegang data lengkap. Menurutnya total warga Jawa Barat yang akan divaksin sebanyak 36 juta, lansia dan pedagang pasar masuk ke dalam 6 juta warga berkategori khusus yang akan divaksin di tahap dua.

“Nah untuk lansia, keterbatasan fisik itu menjadi atensi. Jadi itulah mengapa, Alhamdulillah kami diizinkan oleh presiden dan menteri dalam negeri untuk menggunakan inovasi mobil vaksin. Jadi nanti jangan kaget kalau ada mobil vaksinasi Jabar muter muter di daerah yang sulit atau menjemput lansia yang mungkin secara fisik kerepotan untuk melakukan antrian prosedur,” tuturnya.

Menurutnya lansia yang divaksin adalah mereka yang memenuhi syarat kesehatan. Artinya tidak semua lansia di Jawa Barat akan divaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper