Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecamatan di Kabupaten Cirebon Bebas dari Zona Merah dan Oranye

Seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bebas dari zona merah atau risiko tinggi dan zona oranye (risiko sedang) penyebaran Covid-19.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  10:27 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bebas dari zona merah atau risiko tinggi dan zona oranye (risiko sedang) penyebaran Covid-19.

Dari jumlah 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon, 33 di antaranya masuk ke dalam zona kuning (risiko rendah) dan 7 zona hijau (aman).

Sebanyak 33 kecamatan di Kabupaten Cirebon yang berada di zona kuning, meliputi 100 desa/kelurahan. Sedangkan di zona hijau, sebanyak 324 desa/kelurahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan pekan lalu zona merah menyisakan Kelurahan Tukmudal yang berada di pusat ibu kota Kabupaten Cirebon, yakni Kecamatan Sumber.

Namun begitu, lanjut Enny, berdasarkan hasil evaluasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Kabupaten Cirebon tidak lagi menyisakan zona merah.

"Data tersebut berdasarkan evaluasi hingga Minggu malam tanggal 21 Februari 2021," kata Enny di Kabupaten Cirebon, Senin (22/2/2021).

Enny mengatakan, dibandingkan dengan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pertama dan PPKM mikro saat ini, jumlah positif aktif mengalami penurunan.

Pada PPKM pertama, kasus terkonfirmasi positif aktif Covid-19 mencapai angka 598. Sedangkan pada PPKM mikro, angka tersebut hanya sebanyak 518 kasus.

"Ini artinya, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan mengalami peningkatan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor Kabupaten Cirebon bebas dari zona merah," kata Enny.

Berdasarkan data Pusicov Kabupaten Cirebon, jumlah kasus positif aktif tercatat sebanyak 518. Dari jumlah tersebut 185 menjalani perawatan di rumah sakit dan 333 isolasi mandiri.

Sejak awal pandemi sampai saat ini, jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sudah menembus angka 5.911.

Sebanyak 5.078 sudah dinyatakan sembuh, sedangkan 325 lainnya meninggal dunia. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top