Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

268 Ribu Kendaraan Telah Kembali ke Jakarta Pascalibur Imlek

Sedikitnya 268.098 kendaraan telah kembali ke wilayah Jabodetabek pascalibur Imlek 2021. Hal itu, tercatat oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pada periode 13-14 Februari kemarin.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIKAMPEK - Sedikitnya 268.098 kendaraan telah kembali ke wilayah Jabodetabek pascalibur Imlek 2021. Hal itu, tercatat oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pada periode 13-14 Februari kemarin. Angka tersebut, merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa gerbang tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan kendaraan yang sudah kembali ke wilayah Jabodetabek pascalibur Imlek ini, tercatat masuk melalui empat gerbang tol (GT). Yakni, gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Total volume lalin yang menuju Jabotabek tersebut turun 5,6 persen, jika dibandingkan lalin normal," ujar Dwimawan, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Senin (15/2/2021).

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah, didominasi dari arah timur sebanyak 48,5 persen. Dari arah barat sebanyak 31,1 persen. Dari arah selatan mencapai 20,4 persen.

Adapun rincian distribusi lalu lintas itu, sebagai berikut:
Arah timur, yakni kendaraan yang masuk dari GT Cikampek Utama 2, jumlahnya 65.071 unit menuju Jakarta. Atau turun sebesar 6,2 persen dari lalu lintas normal.

Dari GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 64.853 unit menuju Jakarta. Atau turun sebesar 0,4 persen dari lalin normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah timur adalah sebanyak 130.924 kendaraan, atau turun sebesar 3,3 persen dari lalin normal.

Arah barat, yakni kendaraan yang masuk melalui GT Cikupa jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 84.023 kendaraan. Lalin tersebut, mengalami kenaikan sebesar 1,0 persen dari lalin normal.

Arah selatan. Kendaraan yang masuk menuju Jakarta dari arah selatan (lokal) melalui GT Ciawi 2 jalan Tol Jagorawi sebanyak 53.151 kendaraan. Atau turun sebesar 18,7 persen dari lalin normal.

"Kami mengimbau agar pengguna jalan tol memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, " ujarnya.

Serta, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di rest area. Kemudian, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup.

Selanjutnya, diharapkan bisa mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas. Serta istirahat jika lelah berkendara. Informasi lalin di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper