Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Cirebon Belum Tahu Ada PPKM

Sejumlah masyarakat di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum mengetahui adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di kabupaten tersebut mulai 11 sampai 25 Januari 2021.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  13:53 WIB
Warga melintas di depan sebuah minimarket di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Selama PPKM, minimarket beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 19.00 - Bisnis/Hakim Baihaqi
Warga melintas di depan sebuah minimarket di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Selama PPKM, minimarket beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 19.00 - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Sejumlah masyarakat di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum mengetahui adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di kabupaten tersebut mulai 11 sampai 25 Januari 2021.

Iwan Junaedi, 34, warga Kecamatan Kedawung mengatakan, sejumlah minimarket masih buka pada waktu malam hari pukul 20.00 dan tidak adanya pengawasan dari petugas.

Berbeda seperti pembatasan sosial tahun lalu, kata Iwan, beberapa petugas dari pemerintah daerah melakukan patroli dan menyampaikan kepada masyarakat agar tetap berada di rumah.

"Saya tidak tahu kalau pembatasan sosial, suasana malam kemarin juga ramai," kata Iwan di Kabupaten Cirebon, Selasa (12/1/2021).

Selain Iwan, warga lainnya, Abdul Ghofar, 36, mengatakan pada Senin malam masih ditemukan adanya aktivitas masyarakat terutama di sekitar Pasar Sumber sekira pukul 21.00.

"Kalau emang ada pemberitahuan pembatasan, mungkin saya juga tidak akan keluar, di sana juga ramai saya lihat," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon Deni Agustin mengatakan, surat edaran dari pemerintah terkait PPKM rampung pada kemarin sore, sehingga banyak tidak diketahui oleh masyarakat.

Hari ini, kata Deni, pihak Disperdagin Kabupaten Cirebon sudah memberikan surat edaran kepada manajemen minimarket, untuk nantinya langsung dikirimkan langsung kepada seluruh cabang minimarket.

"Hari pertama banyak yang melanggar," katanya.

Deni mengatakan, setelah aturan PPKM tersebut terbit, nantinya akan diberlakukan pembatasan waktu operasional serta protokol kesehatan untuk minimarket, supermarket, atau pasar tradisional.

Untuk pasar modern (minimarket dan supermarket), diperbolehkan buka mulai dari pukul 08.00 sampai 19.00. Sedangkan aktivitas di pasar tradisional, hanya boleh buka mulai pukul 02.00 sampai 17.00.

"Jumlah pengunjung juga nantinya batasi. Kami akan melakukan pengawasan dan monitoring supaya protokol kesehatan tetap berjalan," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top