Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tinjau Lokasi Bencana Angin Puting Beliung, Uu Minta Warga Lainnya Membantu

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rhuzanul Ulum mendatangi Desa Slangit di Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/1/2021) yang beberapa waktu lalu dilanda bencana angin puting beliung.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  20:22 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rhuzanul Ulum (tengah)
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rhuzanul Ulum (tengah)

Bisnis.com, CIREBON - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rhuzanul Ulum mendatangi Desa Slangit di Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/1/2021) yang beberapa waktu lalu dilanda bencana angin puting beliung.

Dalam peninjauannya itu, Uu melihat sejumlah rumah yang sebelumnya mengalami kerusakan sudah bisa ditempati dan pengungsi pun sudah kembali ke rumah.

Uu mengatakan bencana di Kabupaten Cirebon ini cukup menyita perhatian masyarakat, lantaran video saat kejadian angin puting beliung beredar luas di media sosial.

"Saya lihat pemerintah daerah sangat sigap terkait bencana ini. Saya juga ditugaskan oleh Pak Gubernur untuk meninjau, lalu melaporkan apa saja yang terjadi," kata Uu di Kabupaten Cirebon.

Selain melakukan peninjauan, Uu pun memberikan bantuan berupa paket sembako dan dana corporate social responsibility (CSR) dari Bank BJB sebesar Rp350 juta.

Uu mengatakan, bantuan yang diberikan sangat kecil untuk memperbaiki ratusan rumah. Ia pun berharap ada kerelaan dari masyarakat lainnya membantu korban bencana.

"Kalau pemerintah meminta bantuan dari dana tidak terduga, itu prosesnya cukup lama. Masyarakat harus membantu, minimal tenaga, supaya cepat selesai," katanya.

Pemerintah Kabupaten Cirebon sudah memberikan bantuan kepada 315 kepala keluarga (KK) di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan yang menjadi korban bencana angin puting.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut berasal dari semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Bantuan pun berupa material bangunan.

Rinciannya bantuan yang berikan kepada ratusan KK di Desa Slangit yaitu, 60.000 genteng, 300 zak semen, pasir pasang 10 dump truck, 25.000 batu bata, 315 paket sembako, dan kebutuhan lainnya 50 paket.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon pun turut membantu perbaikan dua rumah yang mengalami kerusakan berat, masing-masing pemilik rumah mendapatkan Rp60 juta.

Angin puting beliung membuat ratusan rumah di Kabupaten Cirebon mengalami kerusakan di Desa Slangit, Kabupaten Cirebon, pada Sabtu (2/1/2012) sore.

Rumah yang terdampak akibat bencana alam puting beliung di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, mencapai 278 unit. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top