Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Ini Perajin Tahu Cibuntu Naikkan Harga 18 Persen

Perajin tahu di Cibuntu, Kota Bandung, mulai kembali memproduksi tahu meski harga kedelai masih melambung.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 04 Januari 2021  |  16:08 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Perajin tahu di Cibuntu, Kota Bandung, mulai kembali memproduksi tahu meski harga kedelai masih melambung.

Saat ini, harga kedelai di Kota Bandung mencapai Rp9.100 per kg. Kondisi ini otomatis membuat ongkos produksi tahu di Cibuntu ikut meningkat.

Menyikapi hal tersebut, perajin tahu Cibuntu pun akhirnya sepakat menaikkan harga jual hingga 18 persen.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan pihaknya sudah mengecek ketersediaan kacang kedelai yang ada di Kota Bandung.

Alhasil, menurutnya salah satu importir kedelai yang ada di Kota Bandung memastikan hari ini kedatangan suplai kacang kedelai 500 ton yang berasal dari Kanada.

"Barusan, kita tinjau Importir yang ada di Kota Bandung Depot Kacang Indonesia yang mengimpor langsung dari Amerika dan Kanada, barusan sudah masuk 500 ton kacang kedelai dari Kanada, dengan harga dijual dari importir ini Rp9.100 per kg, pada November itu Rp8.300 per kg, Desember Rp8.900 per kg, dan hari ini Januari Rp9.100 per kg," kata Elly di Sentra Pengrajin Tahu Cibuntu, Kota Bandung, Senin (4/1/2021).

Menurutnya, stok ini nantinya tidak didistribusikan seluruhnya di Kota Bandung saja, tapi juga untuk daerah lainnya.

"Tapi kita sudah minta kepada importir yang ada di Kota Bandung tersebut untuk memrioritaskan untuk memenuhi kebutuhan kedelai di Kota Bandung," jelasnya.

Untuk kebutuhan sendiri, Elly menyebutkan kebutuhan kedelai di Kota Bandung adalah rata-rata 8.000 ton per bulan. Menurut Elly, suplai kedelai dari Amerika yang merupakan negara pengimpor kedelai terbesar terhambat lantaran permintaan dari China yang cukup tinggi, bahkan melonjak hingga dua kali lipat.

Sehingga, akhirnya suplai menuju Indonesia harus terhambat dan diperkirakan akan kembali normal beberapa bulan mendatang.

Sementara untuk harga, Elly menduga harga kedelai akan kembali normal pasca perayaan Imlek mendatang.

"Perkiraan nanti mungkin akan normal setelah imlek," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Produksi Pabrik Tahu NY Hana Hadiana mengatakan para perajin tahu di Cibuntu harus mogok produksi dalam tiga hari terakhir lantaran harga kacang kedelai kacang kedelai di Kota Bandung meroket hingga mencapai Rp9.400 per kg.

"Sangat terdampak, kita susah nyari kedelai, mahal," jelasnya.

Untuk itu, per hari ini, para pengrajin tahu sepakat untuk menaikkan harga jual hingga 18 persen.

"Per hari ini kita coba naikkan harga tahunya," jelasnya. (k34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kedelai
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top