Proyek Tol Cigatas dan Jalur Lingkar Cipanas Garut Dimulai 2021

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Garut berskala besar segera dimulai pada 2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Garut berskala besar segera dimulai pada 2021.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan revitalisasi Alun-alun Garut akan dimulai tahun ini. Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar.

"Saya ke sini ingin memberitakan bahwa tahun ini Alun-alun Garut akan direnovasi, Rp15 miliar sudah disiapkan, termasuk perbaikan Masjid Agung. Karena uang rakyat harus kembali ke rakyat kami hanya mengatur lalu lintas keuangan sebaik-baiknya," katanya, Minggu (3/1/2021).

"Jalan Lingkar Cipanas Rp37 miliar akan kita mulai konstruksi di tahun ini," imbuhnya.

Menurut Kang Emil, revitalisasi Situ Bagendit sudah mulai dikerjakan dengan target penyelesaian akhir tahun 2021.

"Pembangunan sudah bergerak untuk membuat Situ Bagendit menjadi destinasi wisata terbaik, target revitalisasinya selesai akhir tahun 2021 ini," katanya.

Kang Emil pun melaporkan bahwa proyek Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasik) saat ini sedang dalam proses pembebasan lahan. Untuk pembangunan tahap satunya, ia mengaku sudah meminta kepada Kementerian PUPR agar mendahulukan akses ke Garut dan Tasikmalaya.

"Saya laporkan juga proyek Tol Cigatas saat ini sedang proses pembebasan lahan. Tahap satu sudah saya mintakan ke pusat agar didahulukan akses ke Garut dan Tasik," ujarnya.

Kang Emil berharap proyek Tol Cigatas yang menurut rencana akan ditembuskan hingga Cilacap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM Garut.

"Mudah-mudahan kalau lancar pembebasannya dan konstruksinya selesai di masa jabatan Pak Bupati (Garut), dengan begitu perekonomian rakyat bisa meningkat dan akses Bandung-Garut pun bisa ditempuh dalam waktu 45 menit maka yang jual dodol, jaket kulit, dorokdok bisa lebih cepat," harapnya.

Selain itu, kata Kang Emil, Pemda Provinsi Jabar tak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga fokus pada pembangunan batin atau spiritualitas. Hal itu sesuai dengan visi Jabar Juara Lahir Batin. "Jabar harus maju tidak saja hanya urusan lahiriah tapi juga batiniah," ucap Kang Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper