Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tunjukkan Perhatian Serius pada Pertanian Jabar, BJB Jemput Bola

Bank BJB dalam tiga tahun terakhir terus membuktikan komitmen tinggi pada persoalan ketahanan pangan lewat sejumlah bantuan pembiayaan dan kemitraan.
Ilustrasi. Petani bercocok tanam di lahan garapannya di kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (4/5/2020). Bisnis/Rachman
Ilustrasi. Petani bercocok tanam di lahan garapannya di kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (4/5/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDUNG—Bank BJB dalam tiga tahun terakhir terus membuktikan komitmen tinggi pada persoalan ketahanan pangan lewat sejumlah bantuan pembiayaan dan kemitraan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan banknya terus berkomitmen mendorong peningkatan kesejahteraan para petani Indonesia khususnya di Jawa Barat.

“Langkah pembiayaan dengan pola kemitraan ini merupakan perwujudan dari komitmen Bank BJB untuk mendorong laju perekonomian khususnya di Provinsi Jawa Barat sekaligus bentuk dukungan penuh terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada sektor ketahanan pangan yang terbukti tangguh di tengah tantangan pandemi,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (11/12/2020).

Dalam acara West Java Food and Agriculture (WJFA) Summit 2020, Bank BJB menegaskan keberpihakan pada sektor pertanian dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama Kelompok Ternak dan Kelompok Tani Lembang Agri.

Selain itu secara simbolis BJB menyerahkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada klaster ternak dan domba PT Agro Investasma beserta Kelompok Tenak Sapi Haji Iyun disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

BJB sendiri mencatat dalam dua tahun terakhir, penyaluran KUR untuk sektor pertanian yang dilakukan bank tersebut terus mengalami peningkatan. Dimana pada 2019 lalu, plafon penyaluran mencapai angka Rp135,438 miliar pada 51 sektor usaha pertanian. Plafon KUR BJB untuk sektor pertanian pada 2020, menurut Widi, kembali meningkat ke angka Rp242,744 miliar.

“Sektor yang paling besar menyerap KUR BJB adalah pertanian padi dan pembibitan sapi potong dan buah-buahan,” tuturnya.

Hingga November 2020, BJB sudah menyalurkan pembiayaan pada 7 mitra tani yang memiliki ribuan anggota dnegan nilai penyaluran kredit mencapai Rp162, 27 miliar. Jumlah ini dipastikan akan bertambah karena dalam ajang WJFA Summit 2020 BJB juga menambah lagi jumlah mitra petani yang digandeng bekerjasama.

BJB rutin menjemput bola menjalin kemitraan dengan kelompok tani binaan di sejumlah daerah. Baik yang dibina oleh gabungan kelompok tani atau menggandeng perusahaan yang membina para petani seperti dengan CV Mutiara Bumi di Majalengka.

Membantu petani binaan CV Mutiara Bumi ini juga bertujuan untuk meningkatan skala usaha petani dengan metode kemitraan dari hulu hingga hilir. Tak hanya dalam rupa permodalan, kehadiran Bank BJB juga mendukung seluruh proses peningkatan kapasitas produksi pangan dari awal masa tanam hingga penyerapan hasil panen. Selain itu, perseroan juga memberikan jaminan pengembalian modal atas gagal panen akibat serangan hama kepada para petani.

Sejauh ini, total luas area lahan yang digarap mencapai 412 hektare dengan total mitra mencapai 149 petani. Selanjutnya pihak CV Mutiara Bumi juga sedang menyiapkan lahan-lahan garapannya di wilayah Subang, Indramayu, Sumedang dan Garut, di mana BJB juga telah mempersiapkan kerja sama pola kemitraan lanjutan untuk mendukung para petani.

Dalam WJFA Summit 2020, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan penghargaan kepada kelompok tani yang mampu menembus pasar global. Selain itu, ia menyaksikan penandatangan MoU antara offtaker dengan kelompok tani maupun kelompok ternak.

Gubernur juga menyaksikan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari sejumlah bank kepada kelompok tani maupun kelompok ternak. "Terakhir dari saya adalah saya titip Himpunan Bank Milik Negara dan Bank BJB dukung penuh revolusi pangan ini. Caranya jangan tunggu bola, melainkan jemput bola," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper