Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

500 Pondok Pesantren di Jabar Difasilitasi Temu Bisnis Program OPOP

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat memfasilitasi 500 pondok pesantren melakukan temu bisnis dan pameran produk secara virtual. Program ini diklaim berhasil membukukan transaksi Rp21,02 miliar.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau produk-produk yang dikembangkan pondok pesantren/Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau produk-produk yang dikembangkan pondok pesantren/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat memfasilitasi 500 pondok pesantren melakukan temu bisnis dan pameran produk secara virtual. Program ini diklaim berhasil membukukan transaksi Rp21,02 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengatakan temu bisnis ini masih merupakan rangkaian program one product one pesantren (OPOP).

Pihaknya mempertemukan antara pembeli, investor, dan mitra usaha pengusaha sukses untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan produk pondok pesantren (pontren) peserta pameran.

"Kami coba membantu pesantren tersebut untuk membuka pasar bagi produknya. Bahkan, kami akan membantu membukakan jejaring hingga link and match dengan pesantren lain yang memiliki produk berkaitan," katanya dalam penutupan acara temu bisnis OPOP 2020 di Hotel Papadayan, Bandung, Selasa (8/12).

Menurutnya lewat program OPOP setiap pesantren bukan hanya mengikuti audisi untuk dicari yang terbaik, tapi didorong mendapatkan peningkatan wawasan, pengetahuan, serta pendampingan usaha.

Harapannya, pesantren yang mengikuti program ini akan menghasilkan produk-produk yang mampu memiliki nilai tinggi di pasar domestik maupun pasar internasional.

“Melalui kegiatan ini diharap akan ada efek domino dari program OPOP di daerah yakni meratanya pengembangan ekonomi di daerah. Hasil survei pertumbuhan ekonomi Jawa Barat sebelum Covid-19 mencapai 6,9 persen atau melebihi pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Namun hasil survei Bank Indonesia angka tersebut hanya dinikmati oleh sekelompok golongan masyarakat tentu atau masyarakat kota. "Untuk itu perlunya program yang berdampak pada pemerataan ekonomi. Apalagi selama ini mayoritas pesantren itu ada di desa-desa," paparnya.

Dalam kesempatan acara ini, Dinas KUK telah menetapkan tiga pesantren yang dianggap memiliki produk terbaik juga berhasil unggul dari segi pemasaran.

Tiga pemenang Juara OPOP 2020 melalui penjuarian 10 pesantren lolos 3 juara yakni Miftahul Falah Kab Karawang dengan produk beras, Pontren Jalalen Garut produk peralatan edukasi pendidikan, dan Pesantren Al Isytirok Kabupaten Sukabumi dengan produknya pembenihan ikan lele.

"Tiga juara tingkat provinsi Program OPOP 2020 untuk mendapatkan bantuan modal atau hadiah masing-masing sebesar Rp 400 juta," kata dia.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran ratusan pesantren dengan produk yang dimiliki. Selama ini perekonomian pesantren mayoritas sangat sulit karena mengandalkan uluran tangan dermawan. Namun, dengan adanya produk yang dibuat dan dijual maka kemandirian ekonomi pesantren bisa lebih baik.

"Betapa hidup di pesantren itu tidak mudah. Makanya saya selalu mencari cara agar kita bisa selalu menjadi yang tangannya di atas, bukan tangan di bawah," katanya.

Pihaknya dalam lima tahun ke depan menargetkan ada 5.000 pesantren bisa mandiri dalam perekonomian. Untuk itu, dia meminta pesantren yang saat ini kurang maksimal dalam hal administrasi maupun produk penjualan tetap dirangkul dan dibimbing. (K57)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper