Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-gara Pandemi, Jumlah Warga Miskin di Kota Cirebon Meningkat

Jumlah warga miskin di Kota Cirebon, Jawa Barat, saat ini mencapai angka 30.610 orang. Angka kemiskinan di kota tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 26.800.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Jumlah warga miskin di Kota Cirebon, Jawa Barat, saat ini mencapai angka 30.610 orang. Angka kemiskinan di kota tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 26.800.

Artinya, angka kemiskinan yang bersamaan dengan pandemi Covid-19 terbukti mengalami peningkatan signifikan.

Kepala Badan Pusat Statistik (KPS) Kota Cirebon, Joni Kasmuri, mengatakan, dibandingkan dengan jumlah warga miskin pada 2019, maka dalam satu tahun ini kenaikan jumlah penduduk miskin sebesar 3,8 ribu orang.

"Persentase kemiskinan di Kota Cirebon naik dari 8,41 persen menjadi 9,52 persen," kata Joni di Kota Cirebon, Selasa (8/11/2020).

Joni mengatakan, padahal perkembangan tingkat kemiskinan dari 2011 hingga 2019 terus mengalami penurunan. Jumlah kemiskinan terbanyak selama kurun 10 tahun terakhir ini terjadi pada 2011, mencapai 35.000 lebih.

Joni menambahkan, persoalan kemiskinan bukan hanya sekadar berapa jumlah dan persentase penduduk miskin. Selain harus mampu memperkecil jumlah penduduk miskin, pemerintah pun harus membuat kebijakan penanggulangan kemiskinan.

"Sekaligus harus bisa mengurangi tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan tersebut," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper