Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar 12 Perusahaan di Jabar yang Sukses Tembus Pasar Global

12 Perusahaan di Jawa Barat sukses mengekspor produknya ke pasar global. Hal ini sekaligus menegaskan geliat kinerja ekspor di Jawa Barat akan terus menunjukkan tren positif.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  17:22 WIB
Simbolis pelepasan ekspor dari Jawa Barat dilakukan di PT Kewalram Indonesia, Sumedang,  - Bisnis/Dea Andriyawan
Simbolis pelepasan ekspor dari Jawa Barat dilakukan di PT Kewalram Indonesia, Sumedang, - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, SUMEDANG -- 12 Perusahaan di Jawa Barat sukses mengekspor produknya ke pasar global. Hal ini sekaligus menegaskan geliat kinerja ekspor di Jawa Barat akan terus menunjukkan tren positif.

12 Perusahaan ini masuk dalam rangkaian 132 perusahaan dari 16 provinsi yang langsung di lepas ekspor oleh Presiden Joko Widodo secara daring, Jumat (4/12/2020).

Untuk simbolis, pelepasan ekspor dari Jawa Barat dilakukan di PT Kewalram Indonesia, Sumedang, Jawa Barat dan terkoneksi dengan titik-titik lainnya yaitu di dua perusahaan di Cimahi, satu perusahaan di Kota Bandung, satu perusahaan di Sumedang, empat perusahaan di Cirebon, satu perusahaan di Majalengka dan satu perusahaan di Kabupaten Bandung.

Sebanyak 12 pelaku usaha berpartisipasi dalam acara tersebut dengan total ekspor mencapai US$37,43 juta. Para pelaku usaha tersebut terdiri atas tujuh UKM dan lima non-UKM. Adapun tujuh UKM yaitu CV Nagam Rattan, CV Cipta Abadi, CV Mandiri Sejahtera, CV Mekar Asih Rotan, PT Brata Adi Laksana, PT Mipacko Farrela, dan Eno Furniture Introduce. Sedangkan lima perusahaan non-UKM yaitu PT Ateja Tritunggal, PT Feng Tay Indonesia Enterprise, PT Leuwijaya Utama Textile, PT Kewalram Indonesia, dan PT Lotus Lingga Pratama.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan menyampaikan apresiasinya kepada para pelaku usaha yang berhasil melakukan ekspor di tengah pelemahan ekonomi global akibat pandemi Covid-19.

Kementerian Perdagangan mengapresiasi para pelaku usaha yang dapat terus mengekspor produk-produknya agar roda perekonomian nasional terus berputar.

"Kementerian Perdagangan akan berkomitmen mendampingi pelaku usaha sebagai upaya memberikan kemudahan dan kelancaran prosedur ekspor, diantaranya dengan mengupayakan solusi terhadap permasalahan ketersediaan kontainer dan kapal untuk ekspor. Selain itu juga, Kementerian Perdagangan terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai negara agar produk-produk Indonesia bisa memperoleh bebas bea masuk," tambahnya.

Oke berharap, pelepasan ekspor secara serentak ini dapat terus memotivasi para pelaku usaha, termasuk UKM untuk berinovasi agar dapat menembus pasar global.

“Selalu ada peluang sekalipun di tengah kondisi sulit seperti saat ini. Kementerian Perdagangan berkomitmen membantu pelaku usaha dalam melakukan ekspor karena dapat meningkatkan kinerja ekspor dan nasional dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana menyampaikan dukungannya kepada para eksportir lokal. Menurutnya, acara ini membuktikan Indonesia masih mampu meningkatkan ekspor di tengah pandemi Covid-19.

"Optimisme, kerja keras, serta kemampuan yang mumpuni dalam mengolah bahan baku menjadi barang-barang bernilai tambah menjadi kunci utama keberhasilan agar tetap eksis di kancah global,” tutup Arifin. (k34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top