Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Segitiga Rebana III: MUJ ONWJ Terlibat di Program Elektrifikasi 'Jabar Caang'

PT Migas Hulu Jabar (MUJ) ONWJ turut mendukung program pemenuhan elektrifikasi bagi warga miskin lewat program Jabar Caang. Dukungan diberikan di sejumlah daerah yang masuk dalam wilayah Metropolitan Rebana.
Tim Jelajah Segitiga Rebana III Bisnis Indonesia saat beraudiensi dengan jajaran pimpinan PT Migas Hulu Jabar (MUJ) ONWJ di kantornya, hari ini/Bisnis-Rachman
Tim Jelajah Segitiga Rebana III Bisnis Indonesia saat beraudiensi dengan jajaran pimpinan PT Migas Hulu Jabar (MUJ) ONWJ di kantornya, hari ini/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, BANDUNG - PT Migas Hulu Jabar (MUJ) ONWJ turut mendukung program pemenuhan elektrifikasi bagi warga miskin lewat program Jabar Caang. Dukungan diberikan di sejumlah daerah yang masuk dalam wilayah Metropolitan Rebana.

PT MUJ ONWJ bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat menyisir warga yang rumahnya belum dialiri listrik lewat program CSR Jabar Caang. Salah satunya Indramayu yang masuk dalam daerah yang mendapatkan participating interest (PI) Blok Offshore North West Java (ONWJ).

"Kalau CSR untuk listrik gratis yang di wilayah Rebana kami di Indramayu, Subang tidak ada," kata Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara di kantornya kepada tim Jelajah Segitiga Rebana III Bisnis Indonesia, Rabu (4/11/2020).

Jabar Caang sendiri menjadi terobosan Jabar guna menggenjot rasio elektrifikasi. Lewat skema dana CSR yang melibatkan stakeholder baik PLN maupun BUMD dan pihak swasta ditargetkan 20.000 keluarga miskin Jabar mendapatkan fasilitas serupa pada tahun ini.

Rasio elektrifikasi Jabar sebenarnya sudah mencapai 99,9 persen. Angka tersebut telah memenuhi target rasio elektrifikasi nasional. Meski begitu, berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri ESDM pada awal 2019, 256.058 keluarga di Jabar belum teraliri listrik. Jumlah itu belum dikurangi 21.094 keluarga yang mendapatkan fasilitas pemasangan listrik gratis pada 2019.

”MUJ ONWJ terlibat dalam program ini terutama untuk kawasan yang masih berada di garis pantai Blok Offshore North West Java, yang kebetulan berada di kawasan Rebana,” kata Ardra.

Sisanya, CSR korporasi disalurkan ke sejumlah titik di daerah yang masuk dalam bentangan reservoir ONWJ seperti Kabupaten Bekasi. Di kawasan Jonggol misalnya, MUJ ONWJ memberikan CSR dalam bentuk bantuan sumur artesis untuk pemenuhan kebutuhan air bersih warga.

"Tahun depan kami juga terus memetakan program di kawasan yang masuk dalam cakupan ONWJ," ujarnya.

Metropolitan Rebana dalam catatan Bisnis memiliki kelengkapan infrastruktur paling solid dan terpadu baik yang tengah dibangun, direncanakan dan sudah digunakan. Antara lain Tol Cikopo-Palimanan, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Tol Akses Patimban, Tol Akses Aerocity Kertajati, Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, Kereta Bandara, dan Double Track Jakarta-Surabaya. Ditambah sejumlah kota dan kawasan industri baru.

Program Jelajah Segitiga Rebana III digelar lewat dukungan para sponsor mulai dari PLN UID, Surya Semesta Internusa (SSIA), Humas Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Bappeda Jabar, PT MUJ ONWJ, Cardinal, Chitose, Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan, PT BIJB, ASDP, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Jabar, Bank BJB, PT Pegadaian, XL Axiata, Robot Biru, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper