Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

NPL Jabar di Bawah Nasional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencatat rasio non performing loan (NPL) atau kredit macet di provinsinya masih di bawah rata-rata nasional.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  17:35 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencatat rasio non performing loan (NPL) atau kredit macet di provinsinya masih di bawah rata-rata nasional.

Ridwan Kamil mengatakan angka kredit di Jawa Barat menunjukkan potret yang lebih baik dibanding nasional. Di sisi pnyerapan bantuan kredit di Jawa Barat berada di angka 1,55 persen. Jumlah tersebut di atas rata-rata nasional, yaitu 1,04 persen.

"Rata-rata nasional penyarapan kreditnya 1,04 (%), jabar 1,55 (%) kemudian NPL yang tidak mampu bayar kalau nasional 3,22 persen kita hanya 3,17 persen," katanya di Bandung, Senin (26/10/2020).

Angka ini menurutnya menunjukkan perekonomian di Jabar membaik di masa pandemi Covid-19. Sebab, kredit yang disalurkan oleh perbankan banyak sementara yang gagal bayar sedikit.

Pihaknya juga menuturkan sebelum ada Pandemi Covid-19, produksi dan SDM memang berada di angka 100%. Namun angka ini menurun pada triwulan II 2020.

"Sempat drop selama caturwulan dua (tahun 2020), sekarang naik lagi 60 persen mudah-mudahan sampai di akhir Desember angka 60 persen itu naik lagi 100 persen. kalau sudah 100 pesen berarti ekonomi kita sudah bergerak seperti sebelumnya, mudah-mudahan seperti itu," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top