Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rasio Penelusuran Kontak Erat di Kabupaten Cirebon Lampaui Standar WHO

Pemerintah Kabupaten Cirebon menyebutkan wilayah kabupaten tersebut berhasil meraih standar World Health Organization (WHO) dalam upaya pencapaian rasio kontak erat warga yang terpapar Covid-19.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON- Pemerintah Kabupaten Cirebon menyebutkan wilayah kabupaten tersebut berhasil meraih standar World Health Organization (WHO) dalam upaya pencapaian rasio kontak erat warga yang terpapar Covid-19.

Kepala Bagian Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan, mengatakan, pencapaian tersebut sebelumnya diumumkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Nanan mengatakan, dari 28 kota/kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menempati posisi teratas dalam pencapaian rasio kontak erat per kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari 28 daerah di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menempati posisi teratas dalam pencapaian rasio kontak erat per kasus konfirmasi.

"Rasio kontak erat per kasus konfirmasi adalah upaya mencari kontak erat antara warga yang terpapar virus corona dengan orang terdekat," kata Nanan di Kabupaten Cirebon, Kamis (15/10/2020).

Nanan mengatakan, standar dari WHO, kalau ada satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, harus mencari dan menelusuri kontak erat minimal sebanyak 20 orang untuk mengikuti tes swab.

Kabupaten Cirebon menempati posisi pertama dengan rasio kontak 1 berbanding 30 dan posisi kedua, ditempati oleh Kota Banjar, rasio 1 berbanding 25.

"Daerah lainnya hanya rasio 1 berbanding di bawah 20," kata Nanan.

Pencapaian rasio kontak erat per kasus, kata Nanan, diambil dariaporan harian Kementerian Kesehatan yang dicatat sampai Minggu ke 40 periode 5-11 Oktober 2020.

"Prestasi ini harus terus dipertahankan di lapangan dalam penanggulangan Covid-19," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper