Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rasio Penelusuran Kontak Erat di Kabupaten Cirebon Lampaui Standar WHO

Pemerintah Kabupaten Cirebon menyebutkan wilayah kabupaten tersebut berhasil meraih standar World Health Organization (WHO) dalam upaya pencapaian rasio kontak erat warga yang terpapar Covid-19.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  11:07 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON- Pemerintah Kabupaten Cirebon menyebutkan wilayah kabupaten tersebut berhasil meraih standar World Health Organization (WHO) dalam upaya pencapaian rasio kontak erat warga yang terpapar Covid-19.

Kepala Bagian Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan, mengatakan, pencapaian tersebut sebelumnya diumumkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Nanan mengatakan, dari 28 kota/kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menempati posisi teratas dalam pencapaian rasio kontak erat per kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari 28 daerah di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menempati posisi teratas dalam pencapaian rasio kontak erat per kasus konfirmasi.

"Rasio kontak erat per kasus konfirmasi adalah upaya mencari kontak erat antara warga yang terpapar virus corona dengan orang terdekat," kata Nanan di Kabupaten Cirebon, Kamis (15/10/2020).

Nanan mengatakan, standar dari WHO, kalau ada satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, harus mencari dan menelusuri kontak erat minimal sebanyak 20 orang untuk mengikuti tes swab.

Kabupaten Cirebon menempati posisi pertama dengan rasio kontak 1 berbanding 30 dan posisi kedua, ditempati oleh Kota Banjar, rasio 1 berbanding 25.

"Daerah lainnya hanya rasio 1 berbanding di bawah 20," kata Nanan.

Pencapaian rasio kontak erat per kasus, kata Nanan, diambil dariaporan harian Kementerian Kesehatan yang dicatat sampai Minggu ke 40 periode 5-11 Oktober 2020.

"Prestasi ini harus terus dipertahankan di lapangan dalam penanggulangan Covid-19," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top