Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Petani di Cirebon Temukan Kucing Hutan Saat Memanen Padi

Sebanyak tiga ekor hewan dilindungi jenis kucing hutan ditemukan oleh seorang warga di Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum lama ini.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  20:17 WIB
Anak kucing hutan atau Prionailurus Bengalensis saat diserahkan ke BBKSDA Jawa Barat - Istimewa
Anak kucing hutan atau Prionailurus Bengalensis saat diserahkan ke BBKSDA Jawa Barat - Istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Sebanyak tiga ekor hewan dilindungi jenis kucing hutan ditemukan oleh seorang warga di Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum lama ini.

Diketahui, tiga ekor kucing hutan tersebut ditemukan oleh Rakhman (42), salah seorang warga yang pada saat itu tengah melakukan proses panen padi.

Rakhman bercerita, pada saat tengah memanen, ia melihat hewan tersebut tengah bersembunyi di balik tumpukan jerami. Namun, setelah dihampiri, induk kucing hutan itu langsung meninggalkan ketiga anaknya.

"Ditemukan hari Minggu kemarin, saya kira kucing biasa, tetapi saat dilihat kok berbeda dengan kucing kampung. Setelah dicek katanya hewan dilindungi," kata Rakhman di Kabupaten Cirebon, Rabu (14/10/2020).

Setelah ditemukan, ketiga ekor kucing tersebut kemudian dirawat oleh Rakhman sebanyak dua ekor. Sedangkan satu ekor lainnya, dirawat oleh temannya.

Rakhman mengatakan, khawatir menimbulkan permasalahan hukum, ketiga ekor kucing hutan tersebut pun langsung diserahkan kepada pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

"Kucingnya sehat, selama dirawat saya kasih susu," katanya.

Polhut Pertama BBKSDA Jabar, Ade Kurniadi Karim mengatakan, kucing hutan tersebut diterima oleh pihaknya pada Rabu (14/10/2020). Hewan itu pun dalam kondisi sehat.

Ia memastikan, anak kucing yang ditemukan oleh Rakhman itu benar dilindungi oleh pemerintah dan memiliki nama latin Prionailurus Bengalensis.

"Kami akan tindak lanjuti segera temuan ini," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top