Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Cirebon Catat Lebih dari 81.000 Pedagang Gunakan QRIS

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Jawa Barat, mencatat ada sekitar 81.000 lebih pedagang yang berada di wilayah Cirebon, telah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Jawa Barat, mencatat ada sekitar 81.000 lebih pedagang yang berada di wilayah Cirebon, telah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Sampai saat ini di wilayah Cirebon tercatat 81 ribu lebih pedagang telah menggunakan QRIS untuk metode transaksinya," kata Kepala KPw BI Cirebon Bakti Artanta, Jumat (9/10/2020).

Bakti mengatakan pihaknya terus mendorong para pedagang baik berskala kecil maupun besar untuk bisa menggunakan QRIS di setiap transaksinya.

Karena penggunaan QRIS ini lanjut Bakti, bisa meminimalkan peredaran uang kartal di wilayah Cirebon, apalagi pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang sebab ada penelitian menyebutkan bahwa virus corona baru bisa bertahan di uang dalam waktu lama.

Dia mengakui pada masa pandemi Covid-19 transaksi digital di wilayah Cirebon cukup berkembang pesat dan ini salah satu penyebab peredaran uang kartal mengalami penurunan.

"Perdaran uang agak melambat, apalagi di masa pandemi, namun penggunaan QRIS meningkat," ujarnya.

Sementara Staf Unit Pengawasan Sistem Pembayaran KPw BI Cirebon Arie Andira F mengatakan di wilayah Cirebon pedagang yang sudah menggunakan QRIS tercatat sebanyak 81.134.

Dari jumlah tersebut pedagang di Kabupaten dan Kota Cirebon menjadi pengguna terbanyak yaitu 42.764 pengguna, sementara di Kabupaten Indramayu terdapat 17.309.

"Sedangkan untuk Kabupaten Majalengka 11.091 pedagang yang telah menggunakan QRIS dan Kabupaten Kuningan tercatat 9.979," katanya.

Saat ini lanjut Arie, QRIS juga dapat digunakan tanpa harus tatap muka, karena sudah ada layanan di dalam aplikasi pembayaran atau dompet digital agar bisa digunakan meskipun di luar kota.

Di mana ketika akan bertransaksi pedagang atau penjual barang bisa mengirimkan QRIS-nya kepada pembeli. Kemudian ketika pembeli mendapatkan QRIS, maka tinggal melakukan pembayaran melalui aplikasi atau dompet digital yang dimilikinya.

"Jadi tidak harus bertatap muka, di mana pun ketika mau bertransaksi tinggal buka dompet digital saja. Kelebihannya mudah dan tidak ada biaya sama sekali," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper