Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekspor Pulih, Tanda-tanda Ekonomi Jabar Mulai Membaik?

Aktivitas ekspor Jawa Barat tercatat kembali bergairah usai sebelumnya babak belur dihajar pandemi Covid-19.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 September 2020  |  15:14 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Aktivitas ekspor Jawa Barat tercatat kembali bergairah usai sebelumnya babak belur dihajar pandemi Covid-19.

Berdasarkan data BPS periode Januari hingga Agustus 2020, Jabar menyumbang 16,28% atau US$16,79 miliar terhadap ekspor nasional, disusul Jawa Timur sebesar 12,95% dan Kalimantan Timur sebesar 8,44%.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai satu dimensi ekonomi Jawa Barat mulai bergerak usai pulihnya aktivitas ekspor belangan ini. Menurutnya pintu ekspor sudah kembali bergerak naik dengan angka 14,6% pada Agustus.

“Dibandingkan Juli, jadi per bulannya naik pelan-pelan, nanti kita lihat yang September walaupun harusnya ada di kisaran 40 persen,” paparnya di Gedung Sate, Bandung, Senin (28/9/2020).

Menurutnya mulai pulihnya ekspor menunjukkan ekonomi provinsi tersebut kembali bergerak. Jabar, kata Ridwan Kamil mencatat pertumbuhan ekspor ini bersama Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

“Jadi berita baiknya dari salah satu sisi ukuran ekonomi, jualan kita ekspor kita lagi kencang,” tutur dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jabar, ekspor Jabar pada Juli 2020 sendiri adalah US$2,21 miliar atau naik 12,48% dari Juni. Kang Emil menambahkan, pemulihan ekonomi di negara tujuan turut membuat pertumbuhan ekspor Jabar terus meningkat.

Meski begitu, pihaknya tidak memungkiri bahwa UMKM dan belanja di level daerah masih belum maksimal. Namun, hal itu sesuai dengan konsep gas dan rem antara ekonomi dan kesehatan di masa pandemi yang selalu berjalan dinamis dan fluktuatif.

“Kadang-kadang (antara) 50 persen kesehatan dan 50 persen ekonomi, kadang-kadang 70 persen kesehatan seperti sekarang dan 30 persennya ekonomi. Tapi tidak pernah seratus berbanding nol,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top