Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Ruas Jalan di Kota Bandung Diberlakukan Buka Tutup Mulai Besok

Lima ruas jalan di Kota Bandung akan dilakukan buka tutup mulai besok, Jumat (18/9/2020) sebagai respons terhadap adanya lonjakan angka kasus Covid-19 di Kota Kembang.
Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Rano Hadianto dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi/Bisnis-Dea Andriyawan
Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Rano Hadianto dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Lima ruas jalan di Kota Bandung akan dilakukan buka tutup mulai besok, Jumat (18/9/2020) sebagai respons terhadap adanya lonjakan angka kasus Covid-19 di Kota Kembang.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Rano Hadianto mengatakan pelaksanaan buka tutup lima ruas jalan yakni di Jalan Asia Afrika - Tamblong, Jalan Otista - Suniaraja, Jalan Purnawarman - Riau, Jalan Merdeka - Riau, Jalan Merdeka - Aceh.

Buka tutup ruas jalan tersebut akan dilakukan dua kali dalam sehari. Yakni, pukul 09.00-11.00 dan 22.00-06.00.

"Tujuannya untuk mengingat kan kembali masyarakat virus corona masih ada, maka upaya yang kami lakukan secara tim akan melakukan buka tutup jalan," kata Rano, di Balai Kota Bandung, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, meski dilakukan buka tutup jalan di lima ruas jalan tersebut, pihaknya tetap memperbolehkan warga yang bekerja atau tinggal di ruas jalan tersebut untuk mengakses masuk jalan tersebut.

"Nanti tinggal perlihatkan kartu tanda pengenal atau kartu tanda kerja saja," kata Rano.

Selain itu, lima ruas jalan tersebut menurutnya merupakan ring I pergerakan warga di daerah perkotaan Kota Bandung.

"Tutup total, namun untuk aktivitas masyarakat fleksibel. Misal masyarakat yang tinggal atau bekerja di daerah sana bisa akses, menunjukan kartu identitas," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi memastikan penerapan buka tutup lima ruas jalan ini adalah respon dari penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat oleh Pemerintah Kota Bandung.

"Pertimbangannya kita di AKB perketat untuk mengantisipasi aktivitas masyarakat, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan yang dianggap menimbulkan ketidaktertiban," ungkapnya.

Nantinya, setiap ruas jalan akan dijaga oleh tiga personil Dishub dan Polisi. "Jadi total ada 30 anggota yang berjaga," kata Ricky.

Ia mengimbau, masyarakat di masa AKB ini harus tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari terpapar Covid-19.

"Imbauan kepada masyarakat di zaman AKB tetap harus disiplin, menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Ricky menambahkan, penerapan buka tutup di lima ruas jalan ini akan dimulai besok, Jumat (18/9/2020) hingga 14 hari ke depan.

"14 hari ke depan mulai besok," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper