Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemberian Vaksin Covid-19 ke Warga Bisa Memakan Waktu Setahun

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan berdasarkan informasi dari Pemerintah Pusat selain vaksin buatan Sinovac-Bio Farma, sejumlah calon vaksin lain sedang berproses.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 15 September 2020  |  14:12 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Jika vaksin Covid-19 sudah tersedia, proses berikutnya adalah tantangan pemberian vaksin pada warga yang diprediksi memakan waktu tidak sebentar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan berdasarkan informasi dari Pemerintah Pusat selain vaksin buatan Sinovac-Bio Farma, sejumlah calon vaksin lain sedang berproses.

“Prinsipnya dari kami di daerah mana saja yang cepat dan paling terpercaya,” katanya, Selasa (15/9/2020).

Menurutnya setelah vaksin hadir lalu beranjak pada produksi ratusan juta dosis, maka tantangan selanjutnya bagi pemerintah adalah penyuntikan pada warga. Menurutnya penyuntikan vaksin harus dilakukan sebanyak dua kali pada warga untuk melihat hasil.

“Bayangkan, manajemen [penyuntikan] berapa puluh, ratus, juta dikali dua periode [penyuntikan setiap 6 bulan] itu tantangan terbesarnya,” ujarnya.

Untuk mengatasi lamanya waktu penyuntikan pihaknya sudah memberikan masukan agar TNI/Polri ikut diperbantukan. “Mungkin TNI/Polri bisa diperbantukan untuk mempercepat prosesnya.kalau tidak,hitungan kami bisa satu tahun sendiri proses pemberian vaksin ke warga,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top