Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ruang Perawatan Covid-19 di RSKIA Bandung Masih Memadai

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) rujukan Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung, Selasa (15/9/2020).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 15 September 2020  |  12:37 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Fasyankes rujukan Covid-19 di RSKIA Kota Bandung, Selasa (15/9 - 2020).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Fasyankes rujukan Covid-19 di RSKIA Kota Bandung, Selasa (15/9 - 2020).

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) rujukan Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung, Selasa (15/9/2020).

Peninjauan dillakukan untuk memastikan kesiapan fasilitas perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19, mulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unit (ICU), High Care Unit (HCU), hingga ruang isolasi, masih memadai.

“Peninjauan kali ini dilakukan untuk mengecek persiapan darurat Covid-19 terkait ketersediaan (ruang perawatan) Fasyankes, saya lihat dari semua rumah sakit pemerintah selain RSHS, RSKIA juga yang paling baik, termasuk kelengkapan ruangan isolasinya,” katanya.

Dalam peninjauan tersebut, Emil juga mengecek fasilitas perawatan bagi pasien terkonfirmasi positif dengan gejala (simtomatik) maupun Orang Tanpa Gejala (OTG) atau asimtomatik serta kontak erat dan kasus suspek. Menurutnya, ruang perawatan RSKIA sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Bandung cukup memadai.

“Ada beberapa lantai yang masih kosong dan kalau pun dikonversi ini sangat memadai sebagai ruang isolasi pasien Covid-19,” katanya.

Ia menambahkan, kasus Covid-19 yang diisolasi di RSKIA Kota Bandung memiliki tingkat kesembuhan yang cukup tinggi, yaitu dari 110 pasien yang dirawat kini tersisa 10 pasien.

“Artinya, tingkat kesembuhan (di RSKIA) memang cukup banyak dan sangat layak sebagai tempat rujukan isolasi,” ujarnya.

Selain meninjau RSKIA di Kota Bandung, pihaknya juga akan mengecek fasilitas perawatan bagi pasien Covid-19 di RSUD Kota Depok pada Selasa (15/9) sore WIB.

Lewat kunjungan untuk memastikan tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 ini, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar sekaligus membuat upaya penguatan dan pemetaan rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top