Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kota Bandung Pertimbangkan Terapkan Lagi PSBB, Ini Kata Gugus Tugas Jabar

Rencana Pemkot Bandung yang tengah mempertimbangkan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) lantaran terjadi lonjakan kasus Covid-19, belum diputuskan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 September 2020  |  14:45 WIB
Sekretaris Gugus Tugas Jabar Daud Ahmad
Sekretaris Gugus Tugas Jabar Daud Ahmad

Bisnis.com, BANDUNG — Rencana Pemkot Bandung yang tengah mempertimbangkan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) lantaran terjadi lonjakan kasus Covid-19, belum diputuskan.

Sekretaris Gugus Tugas Jabar Daud Ahmad mengatakan pihaknya belum menerima usulan resmi dari Wali Kota Bandung Oded M Danial terkait rencana tersebut. “Yang saya tahu ya, sampai saat ini belum menerima usulan tersebut,” katanya kepada Bisnis,Kamis (10/9/2020).

Menurutnya sejak Bandung Raya menerapkan AKB, pergerakan dan aktifitas warga terpantau longgar dan kasus Covid-19 mengalami naik turun. Jika kepala daerah di Bandung Raya berencana menutup ruang publik, menurutnya sangat dimungkinkan.

“Kalau misalnya sekarang kata wali kota, tutup lagi mall atau tempat ibadah, itu bisa diputuskan wali kota,” katanya.

Namun penerapan PSBB di Bandung Raya dinilai akan membawa banyak implikasi. Karena itu pihaknya menyarankan Kota Bandung bisa mengikuti kebijakan yang sudah dilakukan Kota Bogor. “Bogor itu jam malam, saya keliling sama wakil wali kota, jadi kalau ada kerumunan di atas jam 9 malam dibubarkan, kafe yang masih buka kena denda,” tuturnya.

Sebelumnya Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pihaknya akan empertimbangkan kembali diterapkannya PSBB atau mengkaji kembali relaksasi yang telah diberikan terhadap sejumlah sektor usaha.

"Pemkot langsung pelayanan ke masyarakat, tidak semata-mata langsung lockdown, gak. Saya sedang kaji (dan) akan berikan kebijakan. Ya, sekarang paling WFH, PSBB kita lihat nanti perkembangannya," jelasnya, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, tracing yang dilakukan di lingkungan Pemerintahan Kota Bandung mau tidak mau harus dilakukan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 yang terjadi di tanah air sejak 2 Maret 2020 lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top